Berita

    Tips! Cara Mengatasi Ngantuk Saat Mengemudi

    Ada banyak faktor yang menjadi pemicu terjadinya kecelakaan, salah satunya adalah ngantuk saat mengemudi. Kondisi ini tidak hanya mengakibatkan kerusakan pada kendaraan, tapi juga cedera bagi pengemudi dan penumpang itu sendiri. Lantas, apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya?

    Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Mengemudi

    Berkendara di tengah kondisi mengantuk merupakan hal yang berbahaya. Ada banyak hal buruk yang datang jika terus dilakukan. 

    Itulah sebabnya, saat merasakan kantuk datang, sebaiknya jangan memaksakan untuk mengemudi dan lakukan hal-hal untuk mengatasi rasa kantuknya.

    Beberapa cara yang bisa Anda lakukan di antaranya adalah berikut ini.

    • Cukup Istirahat

    Hal pertama yang bisa dilakukan saat kantuk datang adalah dengan beristirahat yang cukup. Jika Anda hendak melakukan perjalanan dengan jarak tempuh yang jauh, sebaiknya pastikan kebutuhan tidur terpenuhi.

    Tubuh yang kurang istirahat dapat menimbulkan gangguan mental. Gejalanya mirip dengan orang mabuk dimana fokus terganggu dan bahkan bisa sampai menyebabkan kecelakaan yang membahayakan Anda sebagai pengemudi atau pun penumpang.

    • Ajak Bicara Penumpang Lain
    Pexels

     

    Mengemudi mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi sebagian orang. Namun, bagi orang lain yang belum terbiasa, terutama dalam perjalanan jauh dan saat mengalami kelelahan yang berat, dapat menjadi sebuah tantangan.

    Salah satu cara untuk hilangkan ngantuk saat mengemudi adalah dengan mengajak teman atau anggota keluarga saat melakukan perjalanan. Cara ini dapat mengalihkan perasaan kantuk dan membantu Anda tetap terjaga.

    Selain itu, Anda juga dapat tetap fokus dan terlibat dalam percakapan, yang pada gilirannya membantu menghindari kejenuhan atau kehilangan konsentrasi selama perjalanan. Dengan begitu, Anda pun jadi lebih waspada saat mengemudi.

    • Menepi dan Lakukan Power Nap

    Saat perjalanan jauh, pengemudi disarankan untuk beristirahat setiap dua jam sekali. Meluangkan waktu untuk melakukan power nap atau tidur singkat selama sekitar 15-20 menit. Pastikan untuk menyesuaikan posisi kursi agar Anda bisa tidur dengan nyaman.

    Setelah bangun, melakukan peregangan ringan. Ini dapat membantu merelaksasikan tubuh dan melemaskan otot-otot yang tegang selama mengemudi. Namun, perhatikan sekitar.