Berita

    6 Penyebab Aki Tidak Bisa Menyimpan Setrum & Solusinya

    Aki yang tidak dapat diisi dayanya dapat membuat frustasi. Sebagai pemilik, insting pertama yang terlintas di kepala mungkin menggantinya. Namun, ada hal lain yang penting untuk dilakukan yaitu menganalisis atau mendiagnosa penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum kembali. 

    Untuk itu, mari simak ulasan penyebab aki mati dan menentukan apa yang harus dilakukan:

    1. Alternator Rusak

    Alternator mobil akan mengisi aki saat mesin hidup. Jika Anda memiliki alternator yang buruk, aki mobil pun tidak akan terisi dengan benar. 

    Meskipun alternator dapat bertahan lebih lama daripada baterai timbal-asam, alternator pun masih memiliki masa pakai yang terbatas. Mungkin perlu diganti setiap 7 tahun sekali atau setiap 80.000 mil. 

    Apa saja gejala alternator yang buruk? 

    • Lampu peringatan sistem pengisian daya menyala. 
    • Lampu depan redup. 
    • Aki mobil kehilangan dayanya dengan cepat, dan mesin mati mendadak setelah dinyalakan. 

    Solusi: cek bagian-bagian yang menjadi gejala alternator rusak kemudian perbaiki. Jika sudah tidak memungkinkan, baru mengganti aki dengan yang baru. 

            2. Masalah Pengkabelan

    Getaran mesin dapat melonggarkan sambungan pada aki mobil. Kabel baterai yang kendor atau rusak dapat mengurangi kontak listrik antara alternator dan aki. Masalah lainnya, kabel yang dalam posisi netral juga dapat menimbulkan permasalahan listrik dalam sistem pengisian daya aki.

    Solusi: cek terlebih dahulu bagian pengkabelan yang menyambung ke bagian aki. Kemudian perbaiki dan sambungkan kembali dengan benar. 

           3. Lampu Depan Dibiarkan Menyala

    Membiarkan lampu depan menyala adalah penyebab umum aki tidak lagi bisa menerima setrum. Sebab, lampu depan akan menguras daya aki cukup banyak jika dibiarkan menyala terus menerus bahkan saat mesin dalam keadaan mati. 

    Solusi: segera matikan lampu bagian depan jika tidak digunakan untuk mengurangi penggunaan daya aki. 

            4. Perangkat Lain yang Menguras Daya pada Aki

    Aksesori mobil, seperti lampu interior atau perangkat bluetooth, biasanya mati saat mesin mati. Jika perangkat-perangkat ini tidak dimatikan dengan benar, akan menguras daya pada aki mobil.

    Beberapa komponen mungkin memerlukan sambungan langsung untuk mempertahankan pengaturan tertentu dan dapat membuat penarikan yang tidak normal pada aki, dan mengakibatkan kegagalan pengisian daya pada aki.

    Solusi: matikan dengan benar perangkat-perangkat pendukung yang terkoneksi dengan aki. 

            5. Aki Sudah Terlalu Tua atau Rusak

    Aki yang terletak pada mobil biasanya berumur antara 3 hingga 4 tahun. Ketika aki sudah terlalu tua atau rusak, aki akan mengalami kembung, retak dan bocor, atau menjadi mangsa korosi. Korosi yang luas pada terminal aki dapat mengurangi konektivitas listrik dan kemampuan pengisian daya.

    Solusi: jika masa pakai aki sudah habis atau mau habis, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. 

            6. Sabuk Alternator Rusak

    Sabuk alternator juga dikenal sebagai sabuk serpentine, berfungsi untuk menggerakkan alternator mobil. Hal ini memungkinkan kecepatan alternator untuk mengikuti kecepatan mesin. 

    Kadang-kadang, sabuk bisa lepas atau robek, terlepas dari katrol alternator. Jika ini terjadi, alternator tidak dapat mengimbangi tenaga yang dibutuhkan mesin.

    Solusi: pastikan sabuk alternator terpasang dengan baik dan masih berfungsi. 

    Itulah penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum ketika dilakukan pengisian kembali. Gunakan solusi-solusi tersebut untuk mengatasinya. Jika tidak berhasil, segera bawa ke bengkel resmi suzuki dengan cara mengunjungi website nya di https://suzukidealerkalimalang.id/  untuk mendapat penanganan dari ahlinya.