Berita

    Ketahui 5 Fitur Mobil yang Berguna Saat Hujan

    Ada sejumlah fitur mobil yang berguna saat mengemudi dalam kondisi hujan deras. Fitur mobil yang berguna saat hujan tersebut bukan cuma wiper yang ada di kaca depan saja. Melainkan ada sejumlah fitur mobil lain yang bisa bermanfaat dan bahkan melindungi saat mengemudi di tengah hujan deras.

    Apa saja fitur tersebut? Mari kita lihat:

            1. Electronic Stability Program (ESP)

    ESP (electronic Stability Program) merupakan pengembangan dari kontrol traksi. Di sini, sejumlah sensor akan menganalisa masukan kemudi, perputaran roda, hingga pergerakan bodi mobil.

    Andai mobil dirasa bergeser dari arah yang seharusnya, maka sistem akan bereaksi dan mengatur tekanan rem yang berbeda pada keempat roda, termasuk menyesuaikan kemudi agar mobil kembali stabil.

            2. Anti-Lock Brake System (ABS)

    Jalan yang licin akibat hujan membuat mobil nyelonong dan sulit berhenti sehingga bisa menyebabkan kecelakaan. Hal ini bisa direduksi risikonya dengan sistem rem ABS alias Anti-lock Brake System.

    Saat sensor mendeteksi adanya gejala rem mengunci, maka sistem akan mengurangi tekanan rem sehingga roda dapat kembali berputar sembari terus melakukan pengereman.

    Proses ini dilakukan berulang kali hingga mobil benar-benar berhenti. Hasilnya, jarak pengereman pada kondisi basah pun lebih pendek jika dibanding mobil tanpa ABS.

            3. Wiper

    Dengan keberadaan wiper yang berfungsi maksimal, maka kaca mobil bisa tetap memberikan jarak pandang baik selama berkendara ketika hujan. Air hujan akan diterpa dari kaca sesuai pilihan kecepatan yang Anda inginkan.

    Ya, pasti kalian menyadari bahwa wiper memiliki beberapa tipe kecepatan. Pada awalnya, teknologi wiper hanya memiliki satu tipe kecepatan saja. Namun seseorang bernama Robert Kearns mencoba buat satu tipe kecepatan lagi agar wiper bisa bekerja lebih lambat ketika hujan masih belum terlalu deras.

    Wiper yang dulunya cuma bisa bergerak ketika 5-6 detik, sekarang memiliki beberapa tipe kecepatan. Ada yang bergerak setiap 2 detik, 4 detik, hingga 6 detik. Jadi Anda bisa menyesuaikan kecepatan sesuai tingkat kederasan hujan.

            4. Lampu Kabut

    Terkadang hujan juga diiringi dengan kabut. Hal ini pasti membuat jarak pandang semakin minim. Inilah mengapa lampu kabut diciptakan. Dengan lampu kabut di bagian depan dan belakang, akan terpancar sinar warna merah terang yang sangat membantu untuk melihat kondisi jalan ketika berkendara.