Berita

    Featured Image

    Memahami perbedaan 4, 5, dan 6 Baut pada Velg Mobil

    Membicarakan tentang baut velg mobil, terdapat umumnya setiap kendaraan memiliki jumlah yang berbeda-beda, ada yang 4, 5, bahkan 6 baut.

    Perbedaan ini umumnya juga dilihat dari tipe, mesin, hingga bobot dari kendaraan tersebut di mana biasanya mobil dengan tipe hatchback sering menggunakan 4 baut velg dengan ukuran 100 mm atau sebutannya 4x100.

    Harus digunakan kepada mobil yang sesuai, baut velg baik yang berjumlah 4, 5, atau 6 dapat meningkatkan keindahan bahkan performa dari kendaraan itu sendiri.

    Lantas, apa sajakah perbedaan lainnya dari ketiga jenis jumlah baut velg tersebut? Simak seluruhnya pada pembahasan di bawah ini.

    Perbedaan Baut Velg Mobil Jenis 4, 5, dan 6

    Sejatinya, jumlah baut velg pada mobil bisa terjadi karena banyak hal mulai dari tampilan hingga performanya.

    Untuk mengetahuinya, mari ikuti terus pembahasan berikut ini: 

    • Jumlah Baut Sesuai dengan Ukuran Mobil

    Mobil memiliki ukuran yang berbeda-beda dari yang paling kecil hingga yang paling besar.

    Melihat dari hal itu, semakin besar sebuah mobil maka pilihan jumlah baut velg yang digunakan akan semakin banyak.

    Tujuan dari semakin banyak jumlah baut tersebut adalah untuk memperkuat pegangan velg ke roda sehingga tidak mudah goyang dan lepas.

    Bila memahami hal ini, umumnya kendaraan yang punya bobot lebih besar misalnya mobil-mobil truk, banyak menggunakan baut velg berjumlah 6 dengan ukuran atau diameter yang besar.

    • Jumlah Baut Dilihat Berdasarkan Muatan

    Bukan hanya ukuran, mobil yang punya muatan untuk penumpang, serta barang yang lebih banyak, juga akan menggunakan baut dengan jumlah yang banyak.

    Ini bisa terjadi karena semakin banyak muatan, maka mobil tersebut akan semakin berat sehingga diperlukan kekuatan baut yang lebih agar ban tidak goyang bahkan terlepas.

    Pada mobil yang cocok untuk keluarga, umumnya baut berjumlah 5 adalah yang cukup sering digunakan karena jumlah tersebut dinilai mampu mempertahankan kondisi ban mobil tetap kokoh.  

    • Kecocokan Jumlah Baut Mempengaruhi Kestabilan Mobil

    Bukan hanya supaya ban tetap kokoh, baut velg mobil yang jumlahnya berbeda-beda sesuai ukuran mobil juga berpengaruh agar kendaraan tersebut tetap stabil saat dikendarai.

    Ketika Anda memilih jumlah baut yang tidak sesuai, biasanya ban akan menjadi lebih mudah untuk pecah serta saat dikendalikan pun akan terasa sangat sulit sehingga bisa membahayakan para pengendara mobil.

    Bukan hanya berdasarkan jumlahnya, baut velg pada mobil juga memiliki berbagai perbedaan pada hal lain yang perlu diketahui oleh Anda

    Berbagai Perbedaan Baut velg pada Mobil

    Bagi para pecinta dan pengendara mobil yang senang merawat kendaraannya, mengetahui berbagai macam hal tentang mobil salah satunya baut velg adalah sesuatu yang penting, terutama perbedaan dari baut tersebut.

    Untuk mengetahuinya, mari simak pembahasan berikut ini: 

    • Jenis Baut velg

    Baut velg yang beredar di pasaran diketahui memiliki dua jenis, yakni one piece dan multipiece dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

    One piece lebih tahan lama karena dirancang dalam satu bentuk yang utuh, namun memiliki bobot yang berat dibandingkan multipiece.

    Jika hendak mengganti ketika rusak, multipiece dinilai lebih nyaman karena jika satu komponen saja yang rusak, maka komponen itulah yang diganti, bukan keseluruhan komponen seperti halnya pada baut velg one piece.

    Sebagai sebuah kendaraan yang ditujukan untuk penggunaan keluarga, mobil Suzuki ini memiliki kabin yang berukuran besar.

    • Bahan Baut velg

    Bahan pada baut velg pun berbeda-beda, mulai dari logam biasa hingga logam-logam ringan seperti magnesium maupun billet steel.

    Berdasarkan hal tersebut, semakin ringan bautnya maka kinerja mesin dari mobil akan semakin ringan saat memutar roda maupun saat mengerem.