Berita

    Komponen Rem Tromol & Fungsinya

    Rem tromol mobil atau drum brake merupakan salah satu sistem pengereman yang ada di kendaraan Anda. Secara umum, rem berfungsi sebagai sistem yang dapat memperlambat atau menghentikan laju mobil.

    Selain rem tromol, juga terdapat tipe rem lainnya yaitu rem cakram atau disc brake. Namun, tulisan ini akan membahas mengenai rem tromol, komponen dan fungsinya.

    Apa itu Rem Tromol?

    Rem tromol mobil merupakan sistem pengereman yang terdapat pada mobil dengan menggunakan sistem hidrolik. Tekanan hidrolik pada rem tromol akan bekerja dengan menekan kanvas rem agar mobil dapat melambat atau berhenti ketika pedal rem diinjak.

    Tingginya braking power menjadi kelebihan dari rem tromol sehingga dapat menghentikan kendaraan besar, salah satunya adalah truk tronton. Hal ini dikarenakan lebarnya luas penampang yang terdapat pada kanvas rem daripada tipe rem cakram.

    Kekurangannya adalah tidak bisa menghentikan laju kendaraan secara mendadak. Pengendara harus memberikan jarak agar kendaraan dapat berhenti sempurna. Kekurangan ini dikarenakan rem tidak didesain dengan menjepit atau tolak menolak.

    9 Komponen Rem Tromol Mobil dan Fungsinya

    Berikut adalah sembilan komponen yang terdapat pada rem tromol dan fungsinya masing-masing.

            1. Drum atau Rem Tromol

    Fungsi dari drum brake adalah perantara bagi kanvas rem yang bergesek sehingga roda yang sedang berputar dapat berhenti. Komponen ini juga berhubungan langsung dengan baut pada roda. 

            2. Sepatu Kanvas

    Sepatu kanvas atau brake shoe merupakan media dengan bentuk setengah lingkaran berjumlah dua yang dijadikan sebagai tempat kanvas rem pada sistem pengereman ini. 

    Sepatu kanvas bekerja melalui perantara kanvas rem saat terjadinya gesekan dengan rem tromol. Bahan yang digunakan pada sepatu kanvas adalah keramik organik. Letaknya berada di dalam kanvas rem dengan cara direkatkan pada permukaannya.

            3. Silinder Roda

    Selanjutnya adalah silinder roda berfungsi menciptakan gerakan mekanis yang diubah dari tekanan fluida. Dari beberapa tipe silinder roda pada rem tromol, tipe dual piston menjadi tipe yang populer yang bekerja secara berdampingan dengan tromol tipe trailing dan leading.

            4. Backing Plate

    Seperti namanya, bentuk dari komponen ini adalah lingkaran yang menyerupai piring logam tipis dengan lubang dan benjolan cukup banyak. Fungsinya adalah untuk menyesuaikan dan melindungi komponen rem tromol mobil lainnya.