Berita

    Sistem Starter Mobil: Komponen, Cara Kerja dan Fungsinya

    Sistem starter dalam mobil menjadi awal dalam serangkaian pengoperasian mesin mobil. Fungsinya sebagai langkah awal untuk bisa menyalakan mesin mobil yang di dalamnya terdapat serangkaian berbagai komponen yang terkait. 

    Rangkaian sistem starter ini dimulai dari awal menyalakan starter melalui komponen saklar magnet hingga komponen pegas pengembali. Fungsi sistem starter untuk menghidupkan mesin mobil agar lebih mudah dan cepat.

    Cara kerja sistem starter

    Dan bagaimana cara kerja sistem starter? Berikut ulasannya.

    Starter sendiri memiliki arti menyalakan mesin mobil. Secara teori stater ini berfungsi untuk mengawali serangkaian komponen agar mesin berjalan sebagai mestinya. Komponen pertama yang paling berpengaruh adalah flywheel yang ada di motor starter.

    Kemudian semua komponen mesin akan berjalan sesuai fungsinya secara otomatis. Selain, itu dalam sistem kerja ini terdapat perubahan dari tekanan elektrik menuju ke tekanan mekanik.

    Macam Starter Mobil

    Sistem starter awalnya diciptakan untuk memudahkan dan mempercepat pengendara dalam menghidupkan mesin mobil.  Berdasarkan cara pengoperasinya dibedakan menjadi dua diantaranya:

    • Starter elektrik

    Saat ini starter elektrik sangat terkenal, sebab sangat mudah digunakan ketimbang jenis starter mekanik. Jenis starter ini memanfaatkan adanya arus listrik untuk menjalankan mesin mobil. Hal inilah yang menyebabkan starter elektrik sering digunakan pada mobil maupun sepeda motor.

    • Starter Mekanik

    Starter jenis ini biasanya menggunakan tenaga manusia untuk menyalakan mesin kendaraan. Dan biasanya digunakan pada sepeda motor saja.

    • Starter Pneumatic

    Berbeda dengan starter elektrik maupun mekanik, starter pneumatic mengandalkan energi udara. Sehingga sangat tidak mungkin untuk digunakan menyalakan mesin kendaraan.

    Macam-macam Komponen Starter Mobil

    Setelah mengetahui jenis starter yang digunakan oleh mobil adalah starter elektrik. Anda juga wajib mengetahui macam-macam komponen starter mobil. Diantaranya:

    • Saklar Magnet

    Rangkaian komponen awal starter adalah saklar magnet atau lebih terkenal dengan sebutan solenoid. Fungsinya menyambung dan memutuskan gigi pinion menuju flywheel. Dan juga menghantarkan arus listrik.

    • Komutator