Berita

    Simak Manfaat Geber Mesin Mobil

    Sering dianggap mengganggu, tapi faktanya melakukan geber mesin mobil memiliki banyak manfaat. Bukan untuk sok pamer atau mengganggu orang sekitar, namun geber mesin ini dilakukan dengan tujuan yang positif. Memang tak bagus jika dilakukan sering-sering namun cukup bermanfaat jika dilakukan sesekali. 

    Manfaat Geber Mesin Mobil

    Menjaga kondisi mesin tetap prima adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jika mesin dalam kondisi terawat maka performa mobil pasti juga selalu optimal. Geber mesin ternyata menjadi salah satu langkah yang bisa membantu mengoptimalkan performa mobil Anda. 

    Sesekali melakukan geber mesin ternyata memberi dampak positif bagi kondisi mobil. Saat melakukan geber ini maka terjadi putaran tinggi yang bisa membantu menghilangkan tumpukan kerak pada ruang mesin. Tumpukan kerak ini sangat umum terjadi dan memang sebaiknya dihilangkan. 

    Sebenarnya darimana timbunan kerak pada mesin ini berasal? Saat mobil melaju dan mesin bekerja, maka akan terjadi proses pembakaran yang bisa menghasilkan residu karbon. Sisa pembakaran ini kemudian akan mengendap dalam jangka waktu lama dan bisa berubah menjadi kerak. 

    Geber mesin mobil akan membantu mengeluarkan residu karbon dari dalam mesin. Anda bisa lihat terutama ketika knalpot mengeluarkan asap hitam. Asap hitam ini menjadi tanda bahwa kerak yang menumpuk di bagian mesin telah ikut terbakar dan keluar dari ruang pembakaran. 

    Saat melakukan geber mesin, maka putaran mesin akan begitu tinggi. Kompresi yang dihasilkan juga begitu besar dan bisa mendorong kerak-kerak yang menumpuk tadi untuk keluar. Ini tentu akan memberikan pengaruh yang sangat baik bagi performa mobil. 

    Jangan ragu untuk menggeber mesin mobil Anda sesekali. Ini akan efektif untuk membersihkan residu karbon sehingga tidak mengendap semakin banyak di dalam mesin. Usahakan untuk melakukan geber mesin dengan cara yang benar agar tidak merusak kondisi mesin. 

    Cara Geber Mesin yang Benar

    Setelah mengetahui manfaat geber mesin mobil tadi, Anda mungkin tertarik bagaimana cara melakukannya dengan benar. Memang benar jika geber mesin ini terlihat mudah untuk dilakukan padahal sebenarnya tidak bisa asal-asalan. Jika asal melakukan geber maka mesin mobil bisa saja mengalami kerusakan. 

    Anda disarankan untuk menggunakan gigi pertama saat akan melakukan geber mesin. Setelah itu tekan as sampai perputaran mesin maksimal. Pastikan untuk tidak melakukan geber mesin terlalu sering, cukup 1 sampai 2 kali sebulan.