Berita

    Cara Memperbaiki Door Lock pada Pintu Mobil

    Salah satu fitur penting pada mobil terutama saat berkendara dengan anak anak adalah door lock pintu mobil. Apabila komponen tersebut tidak dapat dikunci atau dibuka baik memakai remot ataupun dengan menekan tombol, itu berarti ada kerusakan pada central door lock mobil Anda. 

    Lalu, apa penyebab rusaknya door lock dan bagaimana cara memperbaikinya? Berikut ulasannya.

    Penyebab Door Lock Pintu Mobil Rusak

    Sebenarnya fitur door lock memakai sistem kendali otomatis dari Electronic Unit Computer atau ECU. Selain karena ada masalah pada sistem komputer, salah satu penyebab door lock tidak berfungsi yaitu sopir lebih sering memakai tuas pembuka manual untuk membuka kunci. 

    Hal tersebut menyebabkan seling kawat penghubung otomatis dan manual dapat rusak. Rusaknya kawat penghubung menjadikan aliran listrik dari komputer ke tuas pembuka dan penutup kunci menjadi tidak tersalurkan dengan baik. Akibatnya door lock tidak dapat berfungsi.

    Tips dan Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil Rusak

    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka door lock, yaitu memakai kunci, remot, tombol unlock, kunci luar pintu maupun menarik knop dari dalam pintu. Namun jika cara di atas tidak berhasil maka door lock perlu diperbaiki. Berikut beberapa cara memperbaikinya.

            1. Memperbaiki Kawat Penghubung

    Pertama, Anda perlu memeriksa kawat penghubung. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, putusnya kawat penghubung dapat menyebabkan door lock rusak. Cara mengeceknya yaitu buka doortrim pintu kemudian cek kawat penghubung motor dan tuas pengunci pintu.

    Apabila kawat ternyata putus maka Anda harus segera mengganti kawat tersebut. Anda bisa menggantinya sendiri dengan mencari kawat yang sesuai di bengkel terdekat. Jika yang terpotong hanya bagian ujungnya saja, Anda cukup meregangkan kawat tersebut supaya dapat terpasang pada baut. 

            2. Mengecek Sekring

    Terganggunya aliran listrik dapat menyebabkan door lock menjadi tidak berfungsi. Untuk memeriksa tegangan listrik Anda bisa mengecek sekring dengan memakai alat pengukur tegangan listrik atau multimeter. 

    Apabila ternyata terdapat gangguan aliran listrik pada door lock, maka sebaiknya Anda memanggil tenaga bengkel resmi terdekat untuk memperbaiki. 

            3. Mengecek Modul Pintu