Berita

    Featured Image

    Cairan Ini Ternyata Dapat Merusak Cat Mobil

    Pengguna mobil wajib tahu apa saja jenis cairan yang merusak cat mobil. Tujuannya agar Anda bisa menghindari cairan tersebut sehingga kualitas cat mobil tetap terjaga dan tidak rusak. 

    Kualitas cat pada bodi mobil memang sangat dipengaruhi oleh cara Anda dalam merawatnya. Salah satu cara untuk menjaga kualitas cat mobil tersebut adalah dengan menghindarkannya dari paparan berbagai cairan yang berbahaya. 

    Cairan yang Merusak Cat Mobil

    Ada banyak sekali jenis cairan yang ada di sekitar Anda saat ini. Perlu diketahui bahwa tidak semua cairan tersebut aman apalagi jika ingin digunakan atau diaplikasikan pada bodi mobil. 

    Sebelum mengaplikasikan suatu cairan ke badan mobil Anda, pastikan dulu keamanannya agar kualitas cat tidak rusak. Berikut ini akan dibahas satu per satu jenis cairan apa saja yang wajib dihindari karena bisa merusak cat mobil Anda. 

    • Detergen Cair

    Pertama ada detergen cair yang kandungannya terbilang keras dan bisa merusak permukaan cat mobil. Sayangnya masih banyak orang yang tidak mengetahui hal ini dan malah menggunakan detergen cair untuk mencuci mobil. 

    Detergen CairFreepik.com

    Apabila kebiasaan mencuci mobil dengan detergen cair dilakukan terus-menerus, maka akan terjadi kerusakan yang cukup parah. Lapisan pelindung cat akan rusak dan warnanya juga semakin memudar. 

    • Cairan Anti Jamur

    Berikutnya ada cairan anti jamur yang ternyata bisa meninggalkan noda permanen di permukaan cat mobil Anda. Padahal cairan ini biasanya diaplikasikan untuk membersihkan bagian kaca mobil agar tidak berjamur. 

    Sebenarnya cairan anti jamur aman-aman saja dipakai di bagian kaca. Namun pastikan untuk tidak mengaplikasikannya di permukaan cat mobil. Selain itu Anda juga bisa memakai cairan ini sedikit saja saat ingin membersihkan bagian kaca. 

    • Air Aki Mobil

    Pastikan permukaan cat mobil Anda tidak terpapar air aki mobil karena cairan ini ternyata juga bisa memicu kerusakan. Air aki mengandung senyawa asam yang sangat tinggi dan bisa memicu korosi di permukaan cat mobil. 

    Jika Anda sedang melakukan isi ulang aki, pastikan untuk sangat berhati-hati. Jangan sampai cairan tersebut mengenai tangan, mata, juga permukaan cat bodi mobil. 

    • Air Laut

    Jenis cairan yang merusak cat mobil berikutnya adalah air laut. Jika Anda tinggal di daerah pesisir atau hobi berkunjung ke pantai, pastikan untuk membersihkan mobil secara rutin. 

    Paparan air laut ke bodi mobil bisa membuat bagian cat mengelupas. Jadi sebisa mungkin lindungi mobil Anda dari paparan air laut yang memiliki kandungan garam cukup tinggi. 

    • Pelumas Mesin

    Oli atau pelumas mesin ternyata juga bisa merusak permukaan cat mobil. Cairan ini bisa memicu munculnya noda yang sulit untuk dihilangkan dan kelamaan akan merusak tampilan cat mobil Anda. 

    Pastikan Anda berhati-hati saat melakukan penggantian oli. Lakukan secara perlahan dan jika perlu minta bantuan tenaga ahli saja agar oli tidak berceceran dan mengenai cat bodi mobil. 

    • Cairan Telur Mentah

    Anda juga sebaiknya melindungi permukaan cat mobil dari cairan telur mentah. Cairan ini mungkin terkesan sepele tapi ternyata bisa merusak cat pada mobil Anda. 

    Jika bodi mobil terkena pecahan telur, segera bersihkan secepatnya. Apabila dibiarkan begitu saja maka noda telur tadi akan mengering dan sulit untuk dihilangkan.