Berita

    Kenali Penyebab Rem Tangan Macet Tiba-Tiba

    Rem tangan mobil macet seringkali dirasakan oleh para pengendara. Apalagi jika mobil tersebut termasuk dalam tahun lama. Mengingat setiap mobil memiliki dua bentuk rem, yaitu rem tangan dan rem kaki.

    Kerusakan yang terjadi pada bagian-bagian mobil pastinya memiliki penyebab mengapa hal itu dapat terjadi. Selain kondisi komponen yang sudah tidak baik, kebiasaan pengendara yang asal-asalan juga menjadi penyebabnya.

    5 Penyebab Rem Tangan Mobil Macet Secara Tiba-Tiba

    Kenali penyebab yang membuat rem tangan mobil Anda tiba-tiba macet saat mobil sedang digunakan. Umumnya memang disebabkan oleh kebiasaan pengendara. Namun, bisa juga disebabkan oleh kondisi dari komponen rem tangan itu sendiri.

            1. Tidak Diturunkan saat Mobil Jalan

    Mobil yang sedang berjalan seharusnya sudah menurunkan rem tangan agar laju mobil tidak terhambat. Namun, beberapa pengendara seringkali lupa untuk menurunkan rem tangan karena mobil masih bisa berjalan sebagaimana mestinya.

    Mereka akan sadar ketika mulai menambah kecepatan, laju mobil mulai terhambat. Kebiasaan buruk ini harus segera diperbaiki agar tidak menyalahgunakan fungsi dari rem tangan yang sebenarnya.

            2. Tarik Terlalu Kuat

    Sering juga pengendara terburu-buru untuk segera menjalankan mobilnya sehingga rem tangan ditarik secara kuat. Hal ini seharusnya tidak dilakukan pengendara.

    Bagaimanapun, Anda tetap harus menariknya dengan perlahan dengan tidak melebihi batas gerigi paling atas. Suara dari rem tangan yang ditarik perlahan pun akan terdengar lebih enak dibanding Anda menariknya secara kuat dan kasar.

            3. Digunakan Terlalu Lama

    Saat berada di lampu merah, mungkin Anda sering menarik tuas rem tangan agar mobil berhenti sempurna. Sebenarnya hal ini tidak selalu menjadi tindakan yang salah. Sangat disarankan untuk melihat kondisi jalanan sekitar mobil terlebih dahulu.

    Jika terdapat genangan air yang cukup tinggi, hindari menarik rem tangan terlalu lama. Hal ini dapat membuat rem mengalami karat sehingga rem tangan mobil macet dan sulit untuk digunakan.

            4. Salah Penggunaan Transmisi

    Nah, seperti yang kita ketahui bahwa mobil memiliki dua jenis transmisi yang berbeda yaitu matic atau otomatis dan juga manual. Penggunaan rem pada kedua transmisi pun berbeda. Sayangnya, masih banyak pengendara yang belum bisa membedakannya.