Berita

    Featured Image

    Kenali Komponen Blok Silinder Mobil, Fungsi dan Cara Kerjanya

    Sebagai pemilik kendaraan beroda empat tahukah Anda apa itu blok silinder mobil? Komponen mobil satu ini memiliki peranan yang sangat penting pada mesin mobil. Untuk bisa menjaga performa mobil, sedikit banyak Anda harus mempelajari hal-hal yang terkait dengan komponen mobil.

    Blok silinder pada mesin mobil termasuk komponen utama yang ada di mesin mobil. Untuk mengetahui pengertian, fungsi dan cara kerja komponen satu ini, Anda bisa simak ulasan di bawah ini.

    Pengertian Blok Silinder Mobil

    Cylinder block atau blok silinder merupakan wadah untuk berbagai komponen mesin yang ada di dalamnya. Blok silinder menjadi komponen terbesar pada mesin mobil.

    Komponen mesin yang ditopang oleh blok silinder diantaranya yaitu kepala silinder, piston, poros engkol, dan masih banyak lainnya. Komponen-komponen yang ditopang oleh blok silinder berada di berbagai posisi; atas, samping, dan dalam.

    Fungsi dan Cara Kerja Blok Silinder pada Mesin Mobil

    Mayoritas orang hanya mengetahui fungsi blok silinder sebagai tempat mesin piston bergerak. Itu tidak sepenuh salah, akan tetapi masih ada banyak lagi fungsi yang dimiliki oleh blok silinder mobil. Adapun fungsi lainnya bisa Anda simak pada ulasan berikut:

    • Wadah Mesin (Mainframe Engine)

    Apabila Anda memperhatikan bentuk silinder blok baik-baik, mungkin Anda bisa melihat jika komponen mesin satu ini memiliki banyak lekukan dan memiliki bentuk yang bisa dibilang abstrak.

    Lekukan yang ada di blok silinder dibuat untuk menyesuaikan beragam komponen mesin lain yang akan dipasang. Itulah kenapa komponen mobil satu bisa disebut sebagai wadah untuk menopang komponen mesin mobil yang lain.

    • Penggerak Piston

    Meski memiliki bentuk yang abstrak, apabila Anda melihatnya lebih dekat, di bagian dalam silinder blok terdapat lubang yang berbentuk tabung. Tabung-tabung silinder itulah yang menjadi wadah untuk mesin piston mobil.

    Bentuk tabung pada lubang blok silinder harus sesuai dengan piston di dalamnya, hal ini karena piston akan bergerak naik turun di dalam lubang tersebut. Selain itu, lubang pada blok silinder juga harus halus supaya tidak menghambat gerakan piston mobil.

    • Tempat Mengarahkan Energi Pembakaran

    Selama piston bergerak di blok silinder ada energi pembakaran yang tercipta dari aktivitas tersebut.  Di mana proses pembakaran yang terjadi seperti terjadi ledakan gas yang menghasilkan daya dorong yang kuat.