Berita

    Ketahui Cara Derek Mobil Matic yang Aman

    Mobil matic saat ini semakin banyak digemari oleh masyarakat. Namun perlu dipahami bahwa mobil ini butuh perlakuan yang tepat meskipun memang mudah dipakai. Apalagi saat perlu derek mobil matic, harus diperhatikan sebaik mungkin. 

    Cara Derek Mobil Matic

    Tidak seperti mobil bertransmisi manual, mobil matic membutuhkan teknik khusus saat harus diderek. Jika cara dereknya salah maka bisa terjadi kerusakan lebih lanjut pada mobil. Berikut ini beberapa cara aman untuk menderek mobil transmisi otomatis:

            1. Jangan Coba Didorong

    Sebelum memutuskan untuk menderek mobil yang mogok, biasanya pengemudi akan berusaha untuk mencari solusi sendiri terlebih dahulu. Salah satu contohnya dengan mendorong mobil.

    Pada jenis mobil transmisi manual, mendorong mobil dalam kondisi mogok bisa jadi solusi tepat. Namun untuk tipe mobil matic, tindakan ini justru berbahaya. Hal ini disebabkan oleh sistem transmisi pada keduanya berbeda. 

    Di dalam transmisi mobil matic, ada sebuah pompa hidrolik yang hanya bisa menyalurkan oli saat mesin menyala. Jadi mendorong mobil tidak akan menjadi solusi justru bisa membuat transmisi rusak. 

            2. Pastikan Posisinya Netral

    Jika sudah yakin untuk diderek, maka pastikan dulu posisi transmisi sudah netral. Caranya mudah, tekan saja shift lock supaya tuas transmisinya bisa dipindahkan ke posisi N (netral) walaupun mesin dalam kondisi mati. 

    Penggunaan fitur shift lock ini juga berbeda-beda untuk tiap jenis tipe mobil. Ada yang bisa ditekan saja namun ada juga yang butuh kunci. Setelah Anda memastikannya dalam posisi netral, barulah mobil bisa mulai diderek. 

            3. Pahami Posisi Penggerak Roda

    Anda juga harus memperhatikan posisi penggerak roda saat derek mobil matic. Jika Anda memakai mobil derek tarik dengan penggerak roda depan maka angkatlah bagian depan mobil untuk memastikan keamanan posisinya saat diderek. 

    Hal ini juga berlaku untuk situasi sebaliknya, saat digunakan penggerak roda belakang maka bagian yang diangkat adalah roda belakang. Ini dilakukan supaya tidak terjadi putaran berlebihan pada sistem transmisi. 

            4. Utamakan Mobil Derek Gendong

    Dibandingkan jenis mobil derek tarik, sebenarnya derek gendong jauh lebih direkomendasikan apalagi untuk tipe mobil matic. Derek gendong ini juga biasa disebut sebagai derek towing.