Berita

    Ketahui Penyebab & Cara Mengatasi Oli Mobil yang Rembes

    Oli mobil rembes bisa disebabkan oleh banyak faktor. Apabila Anda tidak menyadari ketika oli mobil Anda mengalami kebocoran akan sangat membahayakan Anda. Karena oli mobil memiliki fungsi yang krusial sebagai pelumas komponen mobil.

    Bayangkan jika komponen pada mesin mobil Anda tidak terlumasi dengan baik karena kebocoran oli yang terjadi pada mobil Anda. Tentu kinerjanya tidak akan optimal, bahkan bisa mengalami aus dan kerusakan yang parah pada komponen tersebut.

    Apabila Anda mencium bau yang aneh atau asap mobil Anda memiliki warna yang berbeda dari biasanya, kemungkinan ada kebocoran oli pada mobil Anda.

    Inilah Penyebab Oli Mobil Rembes

    Supaya Anda lebih waspada terhadap kinerja komponen mobil Anda dan bisa melakukan perawatan yang baik pada setiap komponen, berikut adalah beberapa penyebab kebocoran pada oli mobil Anda:

    • Kerusakan Pada Klep Mesin

    Klep mesin pada mobil memiliki fungsi untuk mengatur aliran fluida pada mobil, baik itu gas maupun cairan. Apabila Anda merasakan tarikan mesin pada mobil Anda melemah, kemungkinan besar klep mesin Anda rusak.

    Untuk memastikannya Anda bisa melihat pada ujung knalpot mobil. Apabila ada rembesan oli, bisa dipastikan jika klep mesin Anda mengalami kerusakan. Hal tersebutlah yang membuat oli mobil rembes.

    • Kebocoran Seal Crankshaft

    Jika Anda melihat adanya rembesan oli di sekitar radiator mobil, hal itu disebabkan karena bocornya seal crankshaft mobil Anda.

    Jika seal crankshaft bocor, maka oli mobil rembes dari arah depan hingga ke bagian belakang kolong mobil Anda. Jika hal ini terjadi, Anda perlu segera membawanya ke bengkel untuk mendapat perbaikan.

    • Tank Oli Tidak Tertutup Rapat

    Penyebab ketiga dari kebocoran oli pada mobil Anda adalah tank oli yang tidak tertutup dengan rapat. Hal itu membuat oli mobil Anda rembes dari blok mesin. 

    Anda bisa segera membawa mobil Anda ke bengkel untuk mendapatkan pemeriksaan menyeluruh jika Anda melihat ada oli di bagian belakang mobil.

    • Seal Gearbox Robek

    Penyebab oli mobil rembes selanjutnya yaitu seal gearbox yang robek. Hal ini ditandai dengan adanya rembesan oli di bagian bawah radiator mesin mobil.

    Seal gearbox yang robek akan membuat mesin mobil Anda menjadi lebih berisik dari biasanya. Jika Anda mengalami masalah ini segera bawa mobil Anda ke bengkel.

    Cara Mengatasi Oli Mobil Rembes