Berita

    Mengungkap Fungsi & Jenis Dari Dongkrak Mobil

    Dongkrak mobil adalah salah satu peralatan yang dibutuhkan bagi para pengendara. Ketika terjadi ban bocor atau hal yang tidak diinginkan lainnya. Tahukah kalian bahwasanya dongkrak mobil atau yang dikenal dengan Car Jack ini wajib ada di setiap mobil? Hal ini tentunya untuk berjaga-jaga dalam segala kondisi.

    Dalam garis besar, dongkrak terbagi menjadi dua. Ada Dongkrak Mekanik dan Dongkrak Hidrolik. Dongkrak mekanik sendiri memiliki mekanisme yang mengangkat beban menggunakan roda gigi yang ada. Jadi, beban disalurkan secara merata dengan jenis dongkrak mobil ini.

    Sedangkan, Dongkrak Hidrolik terbantu dengan perantara zat cair untuk mengangkat beban. Jenis dongkrak mobil satu ini tentunya membutuhkan tenaga yang lebih sedikit dibandingkan dengan Dongkrak Mekanik.

    Namun, kedua jenis dongkrak tersebut terbagi lagi menjadi beberapa jenis dongkrak mobil. Berikut adalah penjelasan dan fungsinya:

    1. Dongkrak Buaya

    Karena bagian depannya yang terbuka saat digunakan, jenis dongkrak mobil yang satu ini dijuluki dongkrak buaya. Tipe dongkrak ini memiliki empat roda. Hal ini membuat Dongkrak Buaya menjadi tangguh di segala medan dan bisa ditempatkan di berbagai keadaan. Berkat adanya roda, Dongkrak Buaya pun mudah dipindahkan atau digeser tempatnya. Penggunaan Dongkrak Buaya sangat cocok untuk mobil berkapasitas kecil seperti sedan. Kapasitas kekuatan jenis dongkrak mobil ini mulai dari 1,5 ton, 2 ton, 2.5 ton, 3 ton, sampai dengan 20 ton.

            2. Dongkrak Gunting

    Dongkrak Gunting merupakan dongkrak jenis mekanik. Jenis dongkrak mobil ini memiliki kelebihan bentuk yang lebih ringan dan praktis. Jika dibandingkan dengan dongkrak jenis hidrolik, pengoperasian dongkrak gunting mekanis ini lebih berat dan membutuhkan banyak tenaga ketika poros dongkrak diputar menggunakan tuas. Jenis dongkrak mobil ini memiliki beban maksimal antara 1 sampai 2 ton. Namun kelemahannya tentu saja, harus menggunakan tenaga berlebih.

            3. Dongkrak Botol

    Kenapa jenis dongkrak mobil ini dinamakan Dongkrak Botol? Jenis dongkrak satu ini memang memiliki bentuk menyerupai botol, terdiri dari bagian tabung di bagian bawah dan tabung lebih kecil di bagian atas yang mirip leher botol. Cara kerja dari dongkrak mobil satu ini adalah dengan dipompa menggunakan tuas yang sudah tersedia pada alatnya untuk bisa mengangkat mobil. Jika kalian ingin menurunkannya, caranya dengan mengendorkan klep dari dongkrak ini. Sama dengan Dongkrak Buaya, jenis Dongkrak Botol terdiri dari berbagai kapasitas, mulai dari 2 ton, 5 ton, 15 ton, hingga 100 ton. 

            4. Dongkrak Botol Buaya

    Meski terdengar namanya sedikit aneh karena gabungan dari dua jenis dongkrak mobil yang sudah disebutkan di atas. Fungsi dari jenis dongkrak mobil satu ini tentunya untuk mengangkat atau menggeser mobil. Hal ini berguna ketika akan dilakukan perbaikan maupun servis. Alasan digabungkannya dua dongkrak menjadi satu jenis adalah karena jenis dongkrak botol tidak mudah dipindahkan tempat atau digeser. Sedangkan, dongkrak jenis ini juga memiliki daya angkat yang kuat. Karena itulah dongkrak botol digabung dengan dongkrak buaya yang mudah digeser namun tidak memiliki daya angkat yang kuat.

            5. Dongkrak Transmisi

    Sedikit berbeda dengan 4 jenis dongkrak lainnya, jenis dongkrak mobil satu ini memang untuk menyangga transmisi. Dongkrak Transmisi berguna untuk menurunkan atau memasang transmisi ketika mobil dinaikkan dengan car lift. Kelebihan Dongkrak Transmisi tentunya bisa mengangkat beban yang berat. Dongkrak jenis ini memang bertujuan untuk membantu mekanik atau petugas bengkel. Agar tidak akan kesusahan lagi mengangkat transmisi saat menjalankan servis karena terbantu dengan jenis dongkrak mobil satu ini. Itu dia jenis-jenis dongkrak yang bisa kalian ketahui. Dongkrak memang dibutuhkan ketika hal darurat terjadi. Namun, selalu ingat untuk mengunjungi bengkel Suzuki https://suzukidealerkalimalang.id/ ketika mobil kalian bermasalah ya. Serahkan kepada ahlinya agar mobil kalian kembali ke performa maksimal!