Berita

    Kenali Hal Yang Menyebabkan Garansi Resmi Mobil Hangus

    Salah satu keuntungan memiliki mobil baru adalah mendapatkan klaim garansi resmi. Selanjutnya, para pemilik mobil ini harus mengetahui informasi yang mendasari garansi resmi mobil hangus agar dapat menghindarinya.

    Kondisi mobil yang baru harus selalu dijaga oleh pemiliknya sehingga tetap terjamin oleh garansi resminya. Secara umum, pada buku pedoman kepemilikan maupun buku service terdapat ketentuan yang harus dipenuhi agar mobilnya terlindung garansi.

    Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa hal sepele yang dapat menghanguskan garansi resmi tersebut? Berikut penjelasannya.

    Penyebab Garansi Resmi Mobil Hangus

    Ulasan ini dapat dijadikan sebagai pengingat agar pemilik tidak abai terkait garansi resmi yang dimiliki oleh mobilnya. Beberapa hal yang menyebabkan garansi resmi mobil hangus adalah sebagai berikut.

            1. Tidak Melakukan Servis pada 1000 km Pertama

    Melakukan servis ketika sudah mencapai 1000 km pertama seringkali dilupakan oleh pemilik kendaraan. Padahal jenis servis ini biasanya dikerjakan tanpa dipungut biaya. 

    Selain untuk menjaga garansi, servis pertama ini dilakukan untuk memonitor performa mobil baru dan kondisinya setelah diproduksi dan digunakan. 

    Ketika kendaraan digunakan, akan ada penyesuaian dan keterkaitan antar komponen, kondisi lingkungan maupun pemakaian sehingga jika diawal sudah diantisipasi, hal tersebut akan berpengaruh pada kenyamanan berkendara selanjutnya.

    Pada servis 1000 km pertama, seluruh sistem kelistrikan dan unsur mekanis mobil akan diperiksa contohnya fungsi pedal, roda, drive shaft, suspensi, setir, power steering, pengereman, dan pendinginan mesin.

    Ketika terdeteksi beberapa kelainan, maka mekanik akan langsung melakukan perbaikan contohnya mengencangkan jika ada komponen kendur, memberikan pelumas jika perlu, melakukan penyetelan ulang, atau jika diperlukan komponen diganti.

            2. Tidak Melakukan Servis Berkala di Bengkel Resmi

    Pemilik mobil baru yang tidak melakukan servis berkala di bengkel resmi akan menyebabkan garansi resmi mobil hangus. Walaupun sudah servis pertama namun selanjutnya tidak dilakukan maka garansi akan hilang. 

    Anjuran terkait servis di bengkel resmi akan memberikan catatan terstruktur untuk bengkel terkait kondisi mobilnya. Dengan itu, pabrikan akan mudah melakukan penelusuran jika ada kendala di kemudian hari.