Berita

    Starter Mobil Bermasalah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Salah satu kendala yang cukup umum dialami oleh pengendara mobil yaitu terjadi masalah pada bagian starter mobil. Hal tersebut dapat membuat mesin mobil menjadi sulit untuk dinyalakan, sehingga dapat mengganggu berbagai aktivitas sehari-hari.

    Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebabnya, sehingga Anda dapat melakukan pencegahan. Selanjutnya, terdapat juga cara untuk mengatasinya supaya mobil dapat kembali berfungsi dengan normal.

    Penyebab Starter Mobil Bermasalah

    Jika Anda merasa kesulitan untuk menyalakan mesin mobil, maka itu bisa jadi pertanda bahwa terdapat masalah yang terjadi pada bagian starter. Berikut adalah berbagai hal yang bisa menjadi penyebab dari kerusakan tersebut, sebaiknya Anda mewaspadainya!

    • Terjadi Masalah pada Aki Mobil

    Penyebab pertama yang mungkin terjadi yaitu jika ada masalah pada bagian aki mobil. Aki memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung berjalannya berbagai sistem kelistrikan mobil.

    Jika aki mengalami masalah, maka ada berbagai hal yang bisa saja terjadi, salah satunya yaitu melemahnya fungsi dari starter.

    Hal tersebut dapat terjadi karena suplai energi listrik yang diberikan oleh aki untuk bagian dinamo mobil juga sedang melemah.

    • Terlalu Memaksa Dinamo Bekerja

    Jika terjadi masalah pada bagian starter, maka salah satu penyebabnya bisa karena bagian dinamo starter.

    Komponen tersebut dapat mengalami kerusakan jika terlalu dipaksakan untuk bekerja, padahal mesin mobil berada dalam kondisi tidak bisa menyala.

    Dengan terlalu memaksakan kinerjanya, maka dinamo dapat menjadi panas. Selanjutnya, hal tersebut dapat menjadi potensi untuk membakar komponen lainnya di dalam mesin mobil.

    • Habisnya Komponen Carbon Brush pada Dinamo Starter

    Penyebab ketiga yaitu ketika komponen carbon brush pada dinamo starter telah habis. Hal tersebut biasanya ditandai dengan melemahnya putaran dari dinamo serta muncul suara yang terdengar aneh ketika mobil distarter.

    Cara Mengatasi Starter Mobil Bermasalah

    Untuk dapat mengatasi permasalahan starter pada mobil, maka Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini.

    • Periksa Rutin Bagian Soket Dinamo Starter

    Jika starter tidak berfungsi dan lampu indikator menyala, maka penting untuk memeriksa bagian soket dinamo starter. Umumnya, Anda akan menemui komponen kabel kecil yang terhubung ke bagian dinamo.