Berita

    6 Penyebab Aki Tidak Bisa Menyimpan Setrum & Solusinya.

    Aki yang tidak dapat diisi dayanya dapat membuat frustasi. Sebagai pemilik, insting pertama yang terlintas di kepala mungkin menggantinya. Namun, ada hal lain yang penting untuk dilakukan yaitu menganalisis atau mendiagnosa penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum kembali. 

    Untuk itu, mari simak ulasan penyebab aki mati dan menentukan apa yang harus dilakukan:

            1. Alternator Rusak

    Alternator mobil akan mengisi aki saat mesin hidup. Jika Anda memiliki alternator yang buruk, aki mobil pun tidak akan terisi dengan benar. 

    Meskipun alternator dapat bertahan lebih lama daripada baterai timbal-asam, alternator pun masih memiliki masa pakai yang terbatas. Mungkin perlu diganti setiap 7 tahun sekali atau setiap 80.000 mil. 

    Apa saja gejala alternator yang buruk? 

    • Lampu peringatan sistem pengisian daya menyala.
    • Lampu depan redup.
    • Aki mobil kehilangan dayanya dengan cepat, dan mesin mati mendadak setelah dinyalakan.

    Solusi: cek bagian-bagian yang menjadi gejala alternator rusak kemudian perbaiki. Jika sudah tidak memungkinkan, baru mengganti aki dengan yang baru. 

            2. Masalah Pengkabelan

    Getaran mesin dapat melonggarkan sambungan pada aki mobil. Kabel baterai yang kendor atau rusak dapat mengurangi kontak listrik antara alternator dan aki. Masalah lainnya, kabel yang dalam posisi netral juga dapat menimbulkan permasalahan listrik dalam sistem pengisian daya aki.

    Solusi: cek terlebih dahulu bagian pengkabelan yang menyambung ke bagian aki. Kemudian perbaiki dan sambungkan kembali dengan benar. 

            3. Lampu Depan Dibiarkan Menyala

    Membiarkan lampu depan menyala adalah penyebab umum aki tidak lagi bisa menerima setrum. Sebab, lampu depan akan menguras daya aki cukup banyak jika dibiarkan menyala terus menerus bahkan saat mesin dalam keadaan mati. 

    Solusi: segera matikan lampu bagian depan jika tidak digunakan untuk mengurangi penggunaan daya aki. 

            4. Perangkat Lain yang Menguras Daya pada Aki

    Aksesori mobil, seperti lampu interior atau perangkat bluetooth, biasanya mati saat mesin mati. Jika perangkat-perangkat ini tidak dimatikan dengan benar, akan menguras daya pada aki mobil.

    Beberapa komponen mungkin memerlukan sambungan langsung untuk mempertahankan pengaturan tertentu dan dapat membuat penarikan yang tidak normal pada aki, dan mengakibatkan kegagalan pengisian daya pada aki.