Berita

    Bahaya Highway Hypnosis Saat Lewat Tol

    Pernah tahu istilah microsleep yang sering kali jadi perhatian karena dapat membahayakan pengemudi? Baru-baru ini, ada istilah lain yang juga turut jadi perhatian karena berbahaya. Namanya highway hypnosis atau white line fever.

    Angka keselamatan dalam berkendara selalu jadi masalah serius di Indonesia. Selain penyebabnya karena kendaraan yang tidak layak, juga pengemudi lalai. 

    Seperti white line fever yang jadi perhatian. Apa sih bahaya highway hipnosis? Dan bagaimana cara mencegahnya?

    Pengertian Highway Hypnosis

    White line fever adalah kondisi berkurangnya fokus saat mengendarai mobil dalam perjalanan jauh. Salah satunya saat berkendara melintasi jalan tol

    Kondisi sangat membahayakan bagi pengendara. Sebab, saat sedang mengemudi, sopir seperti tidak sadar dan kehilangan kendali mobilnya secara tiba-tiba. 

    Akibatnya, mobil yang dikendarai bisa tergelincir. Mulai dari menabrak dengan pembatas tol, tabrakan dengan kendaraan lain dan lain sebagainya.

    Penyebab Highway Hypnosis

    Ada beberapa hal yang menyebabkan pengemudi kehilangan fokus atau white line fever. Yakni:

            1. Bosan dan monoton

    Seringkali saat bepergian jarak jauh atau melintasi tol, kondisi jalan cenderung monoton. Kondisi jalan yang bebas hambatan, membuat pengemudi “menikmati” menyetir.

    Karena bisan inilah, maka perhatian kepada jalanan jadi teralihkan. Akibatnya, muncullah kondisi kehilangan fokus ini. Pengemudi seperti terhipnotis dengan fokus lain.

            2. Kelelahan

    Faktor berikutnya yakni karena kelelahan. Ya, jika Anda merasa kelelahan, biasanya kondisi fisik jelas tidak prima. Sehingga fokus juga teralihkan. 

    Pengemudi yang kelelahan cenderung memikirkan hal lain misalnya membayangkan kasur, atau tempat istirahat. Alhasil, kondisi jalan juga tidak diperhatikan.

            3. Banyak pikiran

    Jika Anda sedang banyak pikiran, usahakan jangan bepergian jarak jauh sendiri. Sebab, hal ini bisa membuat Anda mengalami highway hypnosis.

    Saat Anda merasa pikiran sedang sumpek, seringkali tidak fokus dalam berkendara. Ketika mengemudi, pikiran sedang dipenuhi masalah yang harus diselesaikan. Padahal mengemudi membutuhkan konsentrasi tinggi.