Berita

    Featured Image

    Cara Mengatasi Wiper Mobil Berdecit

    Suara wiper mobil berdecit? Mungkin ini bukan suatu masalah yang besar. Tetapi jika dibiarkan terlalu lama, tentu akan sangat mengganggu kenyamanan berkendara terutama saat hujan.

    Kondisi ini menandakan bahwa terdapat masalah pada bagian wiper mobil Anda. Maka dari itu, simak penjelasan lebih lanjut cara mengatasi suara wiper mobil yang berdecit. Berikut pembahasannya!

    Penyebab Wiper Mobil Berdecit

    Bunyi yang dihasilkan oleh wiper kaca depan dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengemudi saat berkendara. Terlebih jika suara berdecit tersebut sangat keras yang bisa menyebabkan goresan kaca.

    Masalah ini, tentu perlu Anda ketahui apa penyebabnya agar bisa diatasi segera. Beberapa penyebab suara wiper mobil bisa berdecit adalah sebagai berikut:

    • Usia  wiper kaca depan sudah melampaui batas.

    • Karet wiper dalam kondisi buruk dan kehilangan fleksibilitasnya.

    • Kotoran dan debu  menumpuk pada lapisan karet wiper, sehingga wiper tidak dapat menyeka kaca secara maksimal.

    • Lapisan minyak dan debu yang menempel pada kaca membuat wiper lebih rentan aus.

    Beberapa penyebab ini, membuat wiper mobil tidak dapat bekerja dengan baik untuk membersihkan kaca mobil. Jika Anda mengalami masalah ini, penting untuk segera mengatasinya dengan cara yang tepat.

    Cara Mengatasi Wiper Mobil Berdecit

    Suara decitan wiper yang mengganggu kerapa membuat Anda ingin memutuskan untuk menggantinya dengan komponen yang baru. Padahal, hal ini bisa Anda atasi dengan beberapa cara berikut:

    • Periksa Kondisi Karet

    Langkah pertama  adalah mengecek kondisi fisik dan kelenturan  karet wiper. Anda bisa mengecek apakah karet wiper dalam kondisi baik dan apakah ada yang retak. 

    Periksa juga apakah karet wiper  sudah keras atau masih lunak. Pilihlah kualitas karet yang baik yang sifat karetnya cukup fleksibel untuk menyeka kaca secara optimal.

    • Beri Pelumas Karet

    Kondisi karet wiper yang keras dapat menimbulkan bunyi berdecit saat digunakan. Wiper baru atau wiper  yang karetnya masih keras bisa dirawat dengan cara ditekuk.

    Untuk membuat sifatnya lebih lembut, gunakan pelumas yang dibuat khusus untuk bilah penghapus karet.  Selain itu manfaatkan juga penggunaan alkohol untuk membuat karet tidak terlalu keras.

    • Bersihkan Karet Wiper

    Saat Anda menggunakan mobil, area wiper mungkin kotor atau kotoran dan debu  menumpuk di area karet wiper.Kotoran dan kotoran inilah yang dapat menyebabkan wiper berdecit saat  digunakan.

    Maka dari itu, segera bersihkan kotoran yang ada di sekitar karet wiper dengan menggunakan kain lembab atau alkohol. Selain itu, bersihkan juga bagian kaca yang sangat rentan terkena debu dan kotoran dari area terbuka.

    • Hindari Menggunakan Wax

    Wax adalah bahan pelicin yang dapat menimbulkan lapisan pada kaca sehingga menyebabkan wiper mobil berdecit. Bahan ini biasanya digunakan untuk memoles kaca wiper untuk meningkatkan kinerjanya dalam membersihkan kaca dengan lebih efektif. 

    Selain itu, wax juga dapat membantu melindungi karet dari kerusakan akibat panas dan cuaca ekstrem, memperpanjang umur pakai kaca wiper. Terakhir, lapisan wax juga dapat membantu dalam menolak air hujan, memungkinkan kaca wiper untuk bekerja lebih efisien bahkan dalam kondisi cuaca buruk.

    Meski memiliki banyak fungsi, ternyata penggunaan wax dapat membuat wiper mobil menghasilkan suara berdecit. Oleh karena itu, jika hendak menggunakan wiper mobil, lebih baik tidak perlu menggunakan terlebih dahulu wax ini.

    Demikian informasi mengenai beberapa penyebab wiper mobil berdecit. Hal ini bisa Anda atasi dengan mudah seperti cara-cara di atas agar menghasilkan gesekan wiper yang halus dan lembut saat digunakan.

    Jika Anda mengalami masalah yang cukup mengganggu pada komponen mobil Anda, penting untuk segera melakukan pemeriksaan ke bengkel terpercaya. Informasi mengenai otomotif lainnya silahkan untuk mengakses situ berikut ini suzukidealerkalimalang.id.