Berita

    Ketahui Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi & Cara Mengatasinya

    Dengan kecanggihan teknologi, Anda bisa mengunci dan membuka pintu mobil dengan memanfaatkan remote. Namun, apa jadinya jika remote mobil tidak berfungsi? Tentu saja ada berbagai kendala yang dapat terjadi. 

    Bagaimana cara mengatasi remote yang malfungsi? Belum tahu apa saja langkahnya? Tenang, ikuti artikel ini untuk mengetahui dan menerapkan cara terbaik untuk mengatasi remote mobil yang tidak berfungsi!

    5 Penyebab yang Membuat Remote Mobil Tidak Berfungsi

    Ketika remote mobil bermasalah, sebaiknya segera lakukan pengecekan agar kembali fungsinya kembali seperti semula. 

    Sebenarnya, apa saja yang menyebabkan remote mobil menjadi tidak berfungsi? Berikut ini lima penyebab yang mungkin terjadi pada remote mobil Anda. 

    • Baterai Remote Habis

    Hal yang paling umum terjadi ketika remote kendaran menjadi tidak berfungsi adalah karena kehabisan baterai. Kondisi ini wajar terjadi seiring berjalannya waktu dan juga faktor seringnya penggunaan. 

    Salah satu indikasi baterai mobil mulai melemah adalah dari lampu remote yang tidak menyala saat salah satu tombol remote ditekan. 

    • Terlalu Sering Disimpan Dalam Saku Celana

    Cara penyimpanan yang salah juga bisa menjadi penyebab tidak berfungsinya remote mobil. Salah satunya adalah menyimpannya di dalam saku celana atau di tempat lain yang membuat remote sering tertekan tanpa sengaja. 

    • Receiver Remote Rusak

    Penyebab berikutnya remote menjadi eror bisa jadi karena receiver pada remote mobil rusak. Sebagai informasi, fungsi dari receiver ini adalah sebagai penerima gelombang yang diberikan oleh remote

    Kemudian, receiver tersebut akan menerjemahkan perintah, apakah perintah untuk menutup atau membuka kunci mobil. 

    • Frekuensi Remote Terganggu

    Penyebab yang keempat adalah adanya gelombang elektromagnetik tinggi sehingga membuat terganggunya frekuensi remote mobil. Hal tersebut bisa terjadi ketika Anda berada di daerah SUTET, menara televisi, radio, dan sejenisnya. 

    • Komponen Remote Rusak