Berita

    Ketahui Fungsi Spion pada Kap Mobil

    Sebagai pemilik mobil, tahukah Anda ada berapa jenis kaca spion yang ada di mobil? Atau pernahkan Anda mendengar spion kap mobil?

    Pada umumnya fungsi kaca spion pada mobil adalah untuk meningkatkan penglihatan pada sisi depan, sisi belakang hingga bagian kiri mobil. Karena area tersebut merupakan blind spot bagi pengemudi khususnya bagi para pengemudi yang lokasi setirnya ada di sebelah kanan. 

    Ada tiga kaca spion yang umumnya diketahui. Pertama adalah kaca spion tengah. Menyetel kaca spion tengah hanya perlu memutar sehingga seluruh kaca belakang dapat terlihat. ini membantu pengemudi melihat sebagian besar ruang di belakang kaca.

    Sedangkan untuk kaca spion kiri dan kanan, penyesuaiannya tergantung kebiasaan masing-masing pemilik mobil. Jadi sebelum menstarter mobil, praktIkkan cara menyetel kaca spion dan lihat kapan enaknya menggunakan posisi tersebut.

    Daftar Manfaat Spion Kap Mobil Bagi Pengemudi

    Seiring perkembangan zaman kaca spion juga bertambah dan munculah kaca spion tanduk. Berikut ini adalah fungsi dari kaca spion tanduk yang harus Anda ketahui:

    • Berguna Meningkatkan Penglihatan dari Sisi Depan Hingga Belakang 

    Keuntungan dari menggunakan kaca spion tanduk yang pertama ini adalah membantu pengemudi memiliki sudut pandang yang luas dan membatasi area blind spot khususnya pada belakang kendaraan. 

    Dibandingkan dengan hanya mengandalkan kaca spion samping, kaca spion tanduk bisa dengan jelas memberikan tampilan visual area belakang kepada pengemudi. 

    • Sebagai Patokan Jika Ingin Parkir dan Bermanuver

    Jika Anda termasuk orang yang baru menguasai atau baru bisa mengendarai mobil, spion jenis ini akan sangat membantu Anda belajar parkir atau bermanuver di tempat atau wilayah yang sempit.

    Ini karena dengan kaca spion tanduk Anda dapat mengukur batas antara mobil Anda dan mobil lainnya secara lebih efektif dan meminimalisir kerusakan dan goresan antara mobil. 

    Dengan menggunakan jenis spion ini, Anda akan lebih jelas melihat batas atau dinding sehingga lebih mudah untuk menyejajarkan bagian belakang kendaraan.

    Secara umum, untuk mendapatkan tampilan belakang dan samping mobil yang baik melalui kaca spion, pengemudi perlu mengetahui baik cara menyetel kaca spion ke sudut pandang sempit maupun lebar dan menggunakannya dengan tepat.

    • Memperjelas Visual Belakang Mobil