Berita

    Featured Image

    Tips Menghadapi Penipuan Berkedok Motor Tertabrak

    Penipuan di jalan kini semakin meresahkan. Bentuk penipuan paling umum adalah pengendara motor yang berkedok tertabrak oleh mobil. Kemudian, pengendara motor tersebut akan mengejar pengendara mobil untuk meminta ganti rugi.

    Bila suatu saat menghadapi situasi tersebut, Anda perlu berhati-hati dan tetap tenang. Usahakan tidak mudah terpengaruh dengan tekanan dari si pengendara motor. Kemudian, terapkan berbagai tips berikut ini agar tidak terjerumus ke dalam jebakan penipuan tersebut:

    Tips Menghadapi Penipuan di Jalan Berkedok Motor Tertabrak

    Penipuan berkedok motor tertabrak mobil perlu Anda hadapi dengan tenang agar dapat diselesaikan dengan adil. Lakukan tips-tips di bawah ini untuk memberikan perlindungan terhadap hak Anda yang tidak bersalah:

    • Kenali Tanda Kecelakaan Palsu

    Sebelum itu, Anda perlu cepat tanggap dalam mengidentifikasi tanda-tanda kecelakaan palsu di jalan. Berikut tanda-tanda tersebut: 

    • Pengendara motor awalnya berada di depan mobil Anda dan sering melihat ke arah belakang. Ini jadi indikasi awal mula kecelakaan palsu; 

    • Terlalu agresif dan konfrontatif ketika Anda ingin menelepon polisi serta bersikeras menangani masalahnya secara pribadi;

    • Kerusakan motor tidak sesuai dengan keparahan kecelakaan yang dijelaskan. Kerusakan seperti sudah ada sebelumnya dan dibuat seolah-olah karena tabrakan dengan mobil Anda.

    • Mengumpulkan Bukti Selengkap Mungkin

    Mengumpulkan Bukti Selengkap MungkinFreepik.com

    Anda wajib mendokumentasikan berbagai bukti yang ada pada tempat kejadian selengkap mungkin. Beberapa contoh bukti yang perlu Anda kumpulkan seperti:

    • Foto, misalnya foto lokasi kecelakaan beserta plat nomor motor, kerusakan motor, kondisi jalan, serta cedera pengendara motor;

    • Detail kejadian, mulai dari tanggal dan waktu, lalu alamat, hingga perilaku pengemudi motor;

    • Identitas pengemudi motor, contohnya nomor SIM dan juga STNK;

    • Informasi saksi, seperti nama dan kontak saksi disertai pernyataannya sebagai saksi.

    • Memindahkan Kendaraan ke Tempat Aman

    Tips selanjutnya ketika menghadapi penipuan di jalan berkedok motor tertabrak adalah memastikan keamanan Anda dan penumpang mobil. Pindahkan terlebih dahulu mobil ke tempat yang aman. Bila diperlukan, hubungi juga bantuan medis untuk memastikan tidak ada yang cedera. 

    • Hubungi Pihak Kepolisian

    Menghubungi pihak kepolisian juga perlu Anda lakukan sebagai bentuk laporan atas kejadian kecelakaan tersebut. Minta petugas kepolisian mendatangi lokasi kejadian agar dapat membuat laporan. 

    Sebab, laporan polisi dapat menjadi bukti penting untuk membuktikan Anda tidak bersalah. Keadaan kecelakaan pun dapat turut didokumentasikan oleh polisi. Ini demi mencegah pelaku penipuan melakukan aksi lebih jauh demi mendapatkan kemauannya.

    • Jangan Langsung Mengeluarkan Uang Tunai

    Hindari mengeluarkan uang tunai dengan segera untuk menyelesaikan permasalahan. Laporkan kecelakaan ke perusahaan asuransi yang Anda ikuti. Ini bisa membantu Anda dalam meringankan potensi pembayaran yang mungkin muncul.

    Sampaikan informasi faktual dalam pelaporannya. Hindari juga membuat tuduhan atau asumsi.

    • Hindari Membahas Kesalahan 

    Menghadapi penipuan di jalan perlu berhati-hati. Jangan panik dan hindari membicarakan kesalahan sebelum polisi hingga perwakilan perusahaan asuransi datang ke lokasi kejadian. 

    Ini mengingat pernyataan Anda dapat disebarluaskan ke media sosial sehingga berisiko merugikan. Anda pun juga perlu berhati-hati ketika membagikan detail kejadian di media sosial.  

    • Kerja Sama dengan Pihak yang Berwenang

    Jika pihak yang berwenang seperti kepolisian ataupun perusahaan asuransi melaksanakan penyelidikan terhadap kejadian yang berpotensi penipuan tersebut, Anda sebaiknya bekerja sama secara penuh.Berikan dan jelaskan segala informasi yang diperlukan dengan jujur.