Berita

    Featured Image

    Tips Memfoto Mobil Anda agar Postingan IG Tetap Keren

    Menerapkan tips memfoto mobil yang tepat adalah langkah penting agar postingan Instagram Anda tetap keren. Terutama bila Anda adalah kolektor mobil yang mengutamakan estetika mobil. 

    Untuk menghasilkan foto yang menarik, Anda bisa menggunakan berbagai gadget dengan kualitas kamera memadai. Mulai dari kamera mirrorless, kamera DSLR, serta kamera smartphone yang modern yang kini memiliki kualitas tidak kalah dengan kamera profesional. 

    Tanpa berlama-lama, berikut berbagai tips yang bisa Anda terapkan saat memfoto mobil demi mendapatkan hasil optimal. 

    5 Tips Memfoto Mobil agar Postingan IG Tetap Keren

    Melalui tips-tips di bawah ini, Anda bisa memaksimalkan hasil foto mobil sehingga mengunggahnya di Instagram pun lebih percaya diri. Simak lima tipsnya berikut ini dan abadikan mobil kesayangan Anda!

    • Foto Mobil di Latar yang Sesuai

    Pertama, pilih latar foto yang sesuai dengan jenis mobil. Anda perlu melakukan pemotretan di lokasi yang mendukung agar hasilnya terlihat profesional. 

    Seperti contohnya Suzuki Jimny yang merupakan mobil SUV untuk off road. Alih-alih di taman, memotret Suzuki Jimny akan lebih menarik jika Anda lakukan di alam luas seperti area pegunungan atau bukit. 

    Bila ingin memfoto mobil di garasi rumah, pastikan latarnya bersih. Ini akan memusatkan fokus visualnya pada mobil dan bukan situasi di belakang mobil yang berantakan.

    • Atur Pencahayaan yang Pas

    Untuk memastikan hasil foto mobil memuaskan, Anda perlu mengatur agar pencahayaannya pas. Sebaiknya, lakukan pemotretan pada pagi atau sore hari agar kualitas cahaya yang Anda dapatkan lebih baik. 

    Lebih tepatnya saat jam emas, yaitu dua jam sehabis matahari terbit serta dua jam sebelum terbenamnya matahari. Anda juga bisa menggunakan reflektor demi mengatasi bayangan yang muncul. 

    Sementara itu, pemotretan di dalam ruangan atau dengan pencahayaan yang minim bisa menggunakan flash

    Mengingat fitur flash pada smartphone terbatas, sangat direkomendasikan menggunakan flash yang lebih canggih dan kamera profesional seperti DSLR. 

    • Ambil Foto pada Sudut yang Tepat

    Tips memfoto mobil berikutnya adalah mengambil foto pada sudut yang tepat. Anda bisa menempatkan kamera pada posisi setara dengan rendah mobil agar hasilnya lebih dramatis. 

    Selain itu, sudut three-quarter atau sisi pojok dari mobil juga termasuk posisi andalan dalam memotret mobil. Sebab, sudut ini menangkap tampilan mobil secara penuh mulai dari bemper depan, atap mobil, hingga panel samping.

    ambil foto dari sudut yang tepatPexels.com

    Refleksi Anda sebagai fotografer juga tidak akan terlihat dari sudut tersebut. Sedikit trik agar tampilan mobil lebih memikat, yaitu membelokkan kemudi mobil sebelum difoto. Ini akan membuat roda serta velg mobil tampil lebih jelas. 

    • Manfaatkan Fitur Stabilisasi Gambar

    Bila memfoto mobil dengan smartphone, terdapat fitur stabilisasi gambar yang umumnya ditunjukkan dengan istilah OIS (Optical Image Stabilization) atau EIS (Electronic Image Stabilization). 

    Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk menghindari hasil foto blur karena kamera goyang ketika memotret mobil. Cara lain agar hasil foto jelas, tajam, dan tidak blur adalah dengan menggunakan tripod yang berfungsi sebagai dudukan kamera.

    Jika Anda tidak memiliki tripod, maka pastikan tangan Anda tetap stabil ketika mengambil foto. 

    • Fokus pada Detail Mobil Paling Menarik

    Anda bisa fokus pada bagian mobil yang lebih detail. Mulai dari lampu, logo merek, knop transmisi, hingga interior mobil. Memamerkan detail mobil di Instagram juga menjadi variasi unik dan khas yang menunjukkan bagian spesial dari mobil Anda. 

    Lima tips tersebut bisa Anda terapkan agar lebih percaya diri saat mengunggah hasil hasil foto mobil di Instagram.  Melalui perhatian pada aspek seperti latar, pencahayaan, hingga sudut pemotretan, hasil foto mobil terjamin lebih menarik. 

    Setelah memahami tips memfoto mobil, kunjungi laman suzukidealerkalimalang.id/berita untuk mendapatkan berbagai tips menarik lainnya tentang mobil.