Berita

    Simak Jenis Panoramic Roof Pada Mobil

    Panoramic roof pada mobil adalah jenis atap mobil yang terbuat dari kaca yang memungkinkan penumpang melihat ke atas dan menikmati pemandangan di luar kendaraan dengan lebih baik. Biasanya tersedia pada mobil dengan keluaran terbaru. Namun Anda tak perlu khawatir, sebab panoramic roof bisa dipasang sendiri pada mobil. Jadi, Anda tidak perlu membeli mobil keluaran terbaru jika ingin memasang fitur ini. 

    Jenis Panoramic Roof dan Keunggulannya

    Ada dua jenis panoramic roof yang harus Anda ketahui sebelum memasangnya. Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera. 

            1. Panoramic Sunroof

    Jenis pertama ini memiliki dua susunan panel kaca yang menjadi satu. Hanya saja, panel kaca yang bisa dibuka cuma satu yaitu pada bagian kaca depan. Saat tombol ditekan, maka kaca akan langsung melakukan slide out ke bagian atap mobil. Atau dalam kata lain, slide outnya mengarah ke atas. 

    Pada beberapa jenis mobil di antaranya Mitsubishi Outlander, Anda harus menekan tombol sebanyak dua kali untuk membuka kaca sunroof. Pada tekanan pertama, kaca akan membuka separuh dari panel yang bisa dibuka. Lalu pada tekanan kedua, barulah seluruh panel kaca bisa terbuka. 

    Sementara pada jenis mobil lain, hanya dengan satu kali pencet tombol, maka keseluruhan sunroof bisa dinikmati. Anda tidak perlu sampai menekan sebanyak dua kali untuk menikmati panorama langit.

            2. Panoramic Moonroof

    Jenis panoramic roof berikutnya sebenarnya hampir sama dengan yang pertama. Pada seluruh panel kaca, hanya sebagian yang bisa terbuka. Bedanya, sliding kaca jenis ini bergerak ke bagian dalam atap. 

    Maka dari itu, pada bagian bawah atap, ada rel yang tersedia untuk membuka panel kaca. Nah, rel panel ini harus dijaga betul, supaya saat dibuka, maka jalannya bisa mulus atau normal.

    Keunggulan Panoramic Roof

    Ada beberapa kelebihan penggunaan sunroof model ini yang harus Anda tahu. Yaitu:

            1. Lebih Leluasa dalam Memberikan Pemandangan Pada Langit

    Mobil dengan sunroof model ini membuat Anda lebih leluasa untuk menikmati pemandangan di luar sana. Maka tak jarang, penumpang mobil memilih menjulurkan kepala saat sunroof sedang dibuka.

    Selain itu, jenis panoramic roof juga lebih lebar ketimbang yang lain. Bahkan panel kacanya mulai dari depan hingga belakang mobil. Meskipun kaca yang bisa dibuka hanya separuhnya saja.