Berita

    Featured Image

    Kenali Fungsi Ground Clearance Pada Mobil

    Salah satu hal yang menjadi masalah pada kendaraan adalah genangan air. Khususnya genangan air yang tinggi. Untuk kendaraan roda empat, ground clearance menjadi salah satu komponen penting untuk mengatasi masalah ini. 

    Istilah yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi untuk pecinta otomotif, bahkan jika Anda baru ingin membeli mobil, tidak ada salahnya mengetahui pengertian komponen ini serta fungsinya untuk kendaraan. 

    Pengertian Ground Clearance

    Secara umum, bagian ini merupakan jarak antara tanah dan titik terendah mobil. Titik terendah yang dimaksud ini adalah salah satu komponen mobil. Tetapi, komponen yang dimaksud bukan footstep atau body mobil. Area antara tanah dan bagian terendah mobil disebut dengan kolong mobil. 

    Kebanyakan orang menganggap jika pengukuran kolong sesuai dengan ban. Padahal, pengukuran tidak berdasarkan ban, tetapi dari knalpot atau center muffler. Bagian inilah yang harus diperhatikan ketika akan melakukan modifikasi mobil. Bagian kolong memang nampak sepele, tapi justru menjadi part sangat penting bagi kendaraan. 

    Ukuran standar masing-masing mobil juga berbeda dan harus diperhatikan. Jika Anda ingin membeli kendaraan, ukuran komponen ini harus diketahui, karena ukuran ini erat kaitannya dengan kenyamanan serta performa berkendara. 

    Pentingnya Komponen Ini 

    Sesudah mengetahui bentuk dari ground clearance, hal lain yang harus diketahui adalah pentingnya area ini. Berikut berbagai alasan mengapa ukuran kolong mobil menjadi hal penting untuk diperhatikan, antara lain:

            1. Agar Dapat Menghindari Masuknya Air dalam Mesin

    Potensi air masuk ke dalam mesin, baik di sistem pelumasan dan filter udara menjadi semakin tinggi bila ukuran kolong mobil rendah. Air yang masuk akan merusak mesin serta menciptakan masalah water hammer. 

    Kolong yang rendah akan membuat air mudah masuk dari knalpot. Lebih-lebih jika mobil sering melintasi area banjir yang tinggi atau harus menerjang arus air. Tetapi, bila kolong lebih tinggi, air tidak akan mudah masuk ke mesin. 

            2. Bisa Melewati Jalanan Tidak Rata

    Apakah Anda sering melihat mobil ceper? Umumnya, kolong mobil memiliki tinggi standar 1 meter. Sedangkan, mobil modifikasi hanya memiliki tinggi 10 hingga 15 cm saja. 

    Dengan jarak yang begitu rendah inilah, mobil tidak dapat fleksibel saat harus melewati medan tidak rata. Tidak mengherankan, mobil rendah sering mengalami masalah seperti “gasruk” saat harus melewati polisi tidur.