Berita

    Kenali Brake System Pada Mobil

    Pada dasarnya brake system (sistem pengereman) merupakan sistem mekanis untuk mengendalikan laju kendaraan. Rem menjadi bagian penting dalam kendaraan. Jika rem rusak maka mobil tidak bisa digunakan, karena akan sangat berbahaya.

    Rem digunakan untuk menghentikan kendaraan, tetapi ternyata fungsi, komponen, dan cara kerja sistem rem tidaklah sederhana. Banyak bagian detail yang jika salah satunya rusak bisa mempengaruhi bagian yang lain, dan akhirnya membahayakan pengendara.

    Fungsi Brake System

    Fungsi sistem pengereman yang umumnya Anda ketahui adalah untuk membuat kendaraan berhenti. Namun, mari dikupas lebih jelas tiga fungsi sebenarnya dari sistem pengereman:

    • Mengurangi Kecepatan

    Fungsi utama dari brake system adalah mengerem kendaraan untuk mengurangi kecepatan saat diperlukan. Proses pengereman biasanya terjadi secara berkala sebelum betul-betul berhenti. 

    • Menahan Laju Kendaraan

    Fungsi lain dari sistem rem adalah menahan laju kendaraan dan membuat mobil berhenti. 

    • Menjaga Keselamatan Pengemudi

    Brake system juga penting untuk menjaga keselamatan penumpang dan pengemudi terhindar dari tabrakan dan kecelakaan yang lebih parah. 

    Cara Kerja Brake System

    Cara kerja sistem pengereman yaitu mengubah dari energi gerak jadi energi panas. Energi panas ini muncul ketika adanya gesekan antara piringan, kanvas rem, dan pad rem. 

    Supaya energi panas tidak berlebih, harus ada sistem pendingin. Biasanya rem yang panas akan didinginkan dengan bantuan udara di seAndar ban. 

    Jika tidak ada proses pendinginan atau panasnya berlebih maka komponen pada sistem rem akan mengalami pengerasan. Sehingga membuat rem tidak bisa berfungsi secara optimal.

    Komponen-komponen Brake System

    Brake System terdiri dari beberapa komponen, yang masing-masing memiliki fungsi penting untuk membuat kendaraan bisa menurunkan akselerasinya dan berhenti. Komponen-komponen pada sistem pengereman di antaranya ada:

    • Disc Brake

    Nama disc brake  mungkin terdengar asing. Anda pasti lebih familiar dengan sebutan rem cakram. 

    Ketika pengendara menekan pedal rem, cakram yang berputar mengikuti putaran roda akan dijepit. Membuat kecepatan cakram berkurang dan kendaraan melambat.

    • Drum Brake