Berita

    Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil agar Aman

    Salah satu cara untuk menciptakan rasa nyaman dan aman dalam berkendara adalah memastikan mesin mobil tetap bersih. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara membersihkan ruang mesin mobil secara berkala.

    Dengan menjaga kebersihan mobil Anda, ini bisa membuat komponen mesin tahan lama. Kinerja mesin mobil pun akan tetap optimal dan tangguh saat digunakan. Lantas bagaimana kiat membersihkan ruang mesin mobil dengan benar?

    Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil yang Tepat

    Proses membersihkan mesin mobil tentunya membutuhkan beberapa peralatan yang lengkap seperti kain lap, engine degreaser, dan cairan pembersih khusus. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan!

    • Pastikan Mesin Mobil dalam Kondisi Dingin

    Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membersihkan mesin mobil adalah memastikan kondisi ruang mesin dalam keadaan dingin. 

    Jika mobil sempat digunakan sebelumnya, tunggu sekitar 45-60 menit untuk memastikan mesin dalam kondisi dingin. Hindari mencuci mesin yang masih panas karena dapat menyebabkan kontraksi hingga merusak komponen mobil.

    • Bersihkan Debu

    Setelah memastikan kondisi mesin mobil dingin, Anda dapat membersihkan kotoran ringan atau debu dengan menggunakan kuas. Tahap pembersihan ini tidak perlu menggunakan air dan hanya memastikan mesin terbebas dari tumpukan debu.

    membersihkan bagian ruang mesin dari debu

    • Lepas Aki Mobil

    Selanjutnya, lepas bagian aki mobil untuk memutus aliran listrik pada mesin mobil. Langkah ini bertujuan untuk mencegah korsleting dan menghindari masalah pada bagian kelistrikan mobil. 

    Bersihkan bagian kotoran yang menumpuk pada bagian aki mobil sebelum melanjutkan ke ruang mesin lainnya.

    • Bersihkan Bawah Kap Mesin

    Bawah kap mesin mobil adalah bagian yang mudah kotor sehingga harus dibersihkan secara berkala.

    Pada bagian ini, Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus dan membersihkannya menggunakan sikat atau kuas. Kemudian, bilas secara perlahan dan keringkan menggunakan kain lap.

    • Gunakan Streamer

    Agar proses membersihkan mobil lebih optimal, gunakan streamer dengan memfokuskan proses pembersihan pada bagian permukaan yang lebar. 

    Semprot streamer ke bagian yang akan dibersihkan, lalu gunakan degreaser untuk membersihkan kotoran membandel. Setelah bagian permukaan lebar bersih, bersihkan area yang sempit hingga ke bagian sela-sela mesin.

    • Bersihkan Bagian Depan Mesin

    Cara membersihkan ruang mesin mobil pada bagian depan bisa dilakukan dengan pelepasan grille. Pada bagian ini, Anda dapat membersihkannya dengan membuka cairan pembersih dan lap kain khusus. 

    Meski pekerjaan ini terbilang cukup sulit, namun ini dapat memastikan ruang mesin mobil Anda terjaga kebersihannya.

    • Keringkan Bagian yang Sudah Bersih

    Tahap selanjutnya adalah mengeringkan bagian ruang mesin yang sudah bersih. Proses ini bisa Anda lakukan dengan mengeringkan bagian-bagian tersebut menggunakan kain lap.

    Langkah ini sangat penting dilakukan untuk mencegah kerusakan atau munculnya karat pada komponen mesin.

    • Pasang Aki seperti Semula

    Sebelumnya, aki mobil yang telah dilepaskan tentu harus dipasang kembali seperti semula. Pastikan Anda memasang aki sesuai dengan aturan yang sesuai agar tidak menimbulkan masalah baru.

    Setelah aki terpasang, nyalakan mesin mobil untuk memastikan apakah aki berfungsi dengan normal atau tidak.

    Itu dia beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan mesin mobil dengan benar. Tips ini sangat membantu untuk mencegah risiko timbulnya kerusakan akibat kesalahan saat membersihkan mesin mobil.