Berita

    Mengenal Apa itu Turbo pada Mesin Mobil

    Mobil membutuhkan mesin turbo untuk menjalankan kendaraan. Namun masih tidak banyak orang tahu apa kegunaan dari mesin ini. Wajar saja, mengingat ada begitu banyak komponen yang ada pada mobil.

    Namun Anda harus mempelajari mengenai komponen yang satu ini. Supaya apabila ada kendala pada mesin mobil, Anda bisa langsung tertuju pada komponen tertentu.

    Fungsi Mesin Turbo pada Mobil

    Sebelum memahami fungsinya, Anda harus memahami apakah turbo itu? Mesin mobil yang satu ini dilengkapi dengan sistem turbocharger untuk meningkatkan performa dan efisiensi mesin. 

    Sistem turbocharger terdiri dari turbin dan kompresor. Turbin terpasang pada saluran knalpot untuk menangkap dan menggunakan energi dari gas buang yang keluar dari mesin. 

    Kompresor, di sisi lain, terhubung dengan saluran udara masuk ke mesin dan digerakkan oleh turbin. Kompresor ini berfungsi untuk menyedot udara dari lingkungan luar, memampatkannya, dan memasukkannya ke dalam ruang bakar bersama dengan bahan bakar.

    Supaya lebih jelas, Anda harus memahami mengenai fungsi turbo pada mobil, seperti:

    • Peningkatan Daya

    Fungsi utama dari mesin ini adalah meningkatkan daya mesin, dengan menyuplai lebih banyak udara ke dalam silinder melalui sistem turbocharger. Hal ini membuat mesin dapat membakar lebih banyak bahan bakar dan menghasilkan daya yang lebih besar.

    Peningkatan daya atau tenaga ini memberikan performa lebih baik dan akselerasi yang lebih cepat. Sehingga sangat dibutuhkan oleh mobil.

    • Meningkatkan Torsi Mesin

    Selain peningkatan daya, mesin turbo juga meningkatkan torsi mesin. Torsi adalah kekuatan yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan. 

    Apabila torsi lebih tinggi, mobil akan memiliki kemampuan menarik beban yang lebih besar dan melewati tanjakan dengan lebih mudah.

    Selain itu pada daerah yang tinggi, udara yang tersedia memiliki kepadatan yang lebih rendah. Sehingga dapat menyebabkan penurunan daya pada mesin konvensional. 

    Namun, turbocharged tetap dapat bekerja lebih baik karena kompresi udara yang lebih tinggi.

    • Efisiensi Bahan Bakar

    Fungsi ketiga yakni dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. Dengan meningkatkan tekanan dan kepadatan udara yang masuk ke dalam silinder, jumlah bahan bakar yang dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga yang sama menjadi lebih sedikit. 

    Akibatnya, turbocharged dapat mengurangi konsumsi bahan bakar. Sehingga emisi yang dihasilkan pun juga lebih rendah. 

    • Meningkatkan Kinerja Mesin Kecil