Berita

    Tips Mengemudi Aman di Jalan Tol: Kecepatan dan Keselamatan Berkendara

    Mengemudi di jalan tol merupakan pilihan bagi orang-orang yang ingin menempuh perjalan lebih cepat. Selain lebih lengang dari pada jalan raya pada umumnya pengemudi di jalan tol seringkali berkendara dengan kecepatan yang tinggi. 

    Seperti yang Anda tahu, berkendara dalam kecepatan tinggi di jalan tol bisa membahayakan! Hal tersebut tentunya akan meningkatkan resiko kecelakaan lalu lintas. Oleh sebab itu, mengetahui tips aman berkendara di jalan tol penting diketahui oleh para pengendara.

    Tips Aman Mengemudi di Jalan Tol

    Ada tips mengemudi yang patut diterapkan oleh pengendara saat berada di jalan tol agar merasa aman dan nyaman. Berikut adalah masing-masing poin dan penjelasan yang dapat Anda terapkan:

    • Memastikan Kondisi Kendaraan 

    Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kendaraan yang akan Anda gunakan dalam kondisi baik, mulai dari sistem rem, tekanan ban, serta lampu-lampu kendaraan. Selain itu pastikan membawa kelengkapan dokumen seperti STNK, SIM, dan E-toll. 

    • Mematuhi Aturan Lalu Lintas

    Taat aturan adalah wajib! Beberapa peraturan yang perlu diperhatikan saat berkendara di jalan tol yaitu menghindari mengemudi di jalur yang tidak sesuai dengan jenis jalur lintasan, memperhatikan tanda-tanda di jalan tol. 

    • Perhatikan Jarak Aman

    Jarak aman antara mobil Anda dengan mobil yang ada di depan saat berkendara di jalan tol adalah dua detik dengan kecepatan di bawah 60 km/jam serta empat detik jika kecepatan berada di atas 60 km/jam. 

    Dengan memperhatikan jarak aman memungkinkan Anda untuk terhindar dari tabrakan jika tiba-tiba kendaraan yang berada di depan Anda berhenti secara mendadak atau terjadi keadaan darurat. 

    • Pastikan Mengemudi dalam Keadaan Sadar

    Mengemudi di jalan tol tidak hanya performa kendaraan saja yang diperhatikan, namun diri Anda sendiri harus dalam keadaan prima. 

    Jangan mengemudi jika Anda merasa lelah bahkan ngantuk. Selain itu, jangan mengemudi di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan terlarang sebab hal tersebut dapat mempengaruhi refleks serta kewaspadaan.

    • Pahami Penggunaan Lampu Sein

    Saat Anda ingin membalap kendaraan di depan untuk berpindah jalur pastikan Anda menyalakan lampu sein dua detik sebelum menyalip. Hal ini dilakukan agar mobil di belakang mengetahui jika Anda ingin berpindah jalur.