Berita

    Ketahui Penyebab Kunci Mobil Tidak Bisa Dicabut dan Solusinya

    Kunci mobil matic tidak bisa dicabut bukanlah masalah sepele! Sebab, kunci mobil adalah komponen penting untuk berkendara. Bagaimana tidak jika untuk menghidupkan dan mematikan kita membutuhkan kunci mobil. 

    Pada mobil keluaran terbaru berfitur keyless mungkin tidak begitu membutuhkan kunci. Akan tetapi jika baterai pada keyless habis atau kunci mengalami kerusakan, Anda tetap membutuhkan kunci dan menghidupkan mesin menggunakan kunci cadangan pada keyless.

    Lalu bagaimana jika kunci mobil matic tidak dapat dicabut? Untuk beberapa pengendara masalah ini bisa menimbulkan kepanikan dan berujung menariknya dengan paksa. Kerusakan yang terjadi pun semakin parah karena tindakan gegabah tersebut.

    Anda perlu tahu apa saja penyebab kunci tidak dapat dicabut dan baru memutuskan tindakan setelahnya. Untuk itu Anda sebaiknya tidak melewatkan pembahasan informatif dalam artikel ini!

    Inilah 4 Penyebab Kunci Mobil Matic Tidak Bisa Dicabut

    Supaya tidak panik ketika Anda mengalami masalah kunci mobil yang tidak bisa dicabut, Anda perlu mengenali apa saja penyebabnya. 

    Sehingga, Anda bisa bertindak lebih bijak, langkah apa yang akan Anda ambil supaya tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada mobil.

    Nah, di bawah ini adalah 4 penyebab kunci mobil tidak dapat dicabut pada mobil bertransmisi matic yang perlu Anda ketahui:

    • Silinder Kontak Bermasalah

    Silinder kontak adalah tempat Anda memasukkan kunci mobil untuk menghidupkan atau mematikan mesin mobil. Silinder kontak pada mobil bisa bermasalah jika kondisi pegas yang tidak sejajar.

    Selain itu silinder kontak juga bisa bermasalah ketika ada kotoran atau debu yang masuk di dalamnya. Sehingga hal ini bisa menyebabkan kunci mobil Anda tidak bisa dicabut karena masalah tersebut.

    Jika demikian Anda perlu memanggil teknisi untuk mencabut kunci mobil Anda, alih-alih melakukannya dengan paksa dan menimbulkan kerusakan yang lebih besar.

    • Transmisi Mobil Belum Dalam Posisi Netral

    Penyebab kedua adalah kondisi transmisi mobil yang belum berada di posisi netral atau park. Hal ini bisa membuat kunci mobil matic tidak bisa dicabut, karena transmisi yang mungkin masih dalam posisi drive.

    Karena transmisi mobil harusnya Anda ganti sesuai dengan keadaan ketika Anda berkendara, Anda perlu memastikan jika transmisi mobil sudah berada pada posisi park yang ditunjukkan dengan simbol ā€˜Pā€™.