Berita

    Simak Fungsi Universal Joint Yang Harus Diketahui

    Komponen bernama universal joint pada mobil memiliki beberapa sebutan lain yaitu spider joint atau cross joint. Komponen ini merupakan sebuah sambungan atau yang dinamakan kopling.

    Komponen tersebut akan menghubungkan batang kaku yang sumbunya ditekuk satu sama lain. Selain itu juga biasa digunakan pada poros yang meneruskan gerakan putaran. Fungsinya pada mobil pun tergolong penting.

    Pengertian dan Fungsi Universal Joint

    Sederhananya, komponen bernama lain cross joint ini merupakan komponen penghubung engsel yang sumbunya berdekatan antara satu dengan yang lain. 

    Fungsi lain dari komponen ini yaitu sebagai poros agar bisa menghasilkan gerakan memutar. Komponen ini juga biasa disebut dengan istilah sambungan universal.

    Universal joint biasanya terbuat dari bahan baku berkualitas seperti naval brass dan stainless steel yang berstandar internasional. Komponen ini juga sudah dirancang agar bisa bertahan di berbagai jenis kondisi maupun cuaca sehingga bisa tetap bekerja secara maksimal.

    Salah satu alasan kenapa bahan baku yang dipilih harus berkualitas yaitu agar tidak berisiko terkena korosi. Dengan begitu, performa mesin pun akan menjadi lebih baik.

    Komponen-Komponen Universal Joint  

    Sambungan universal terdiri dari beberapa komponen atau bagian. Berikut apa saja bagian-bagian dan fungsinya.

            1. Yoke

    Bagian yang pertama ini memiliki fungsi sebagai penyambung sambungan universal. Bisa dikatakan fungsinya sangat vital.

            2. Cross

    Bagian cross digunakan sebagai dudukan 2 buah yoke yang dilengkapi dengan bearing. Komponen ini membantu sambungan agar bisa berputar secara optimal.

            3. Needle Bearing

    Komponen needle bearing adalah salah satu jenis bearing yang berfungsi untuk menghaluskan gerakan engsel pada sambungan universal.

            4. Seals

    Komponen yang keempat ini yaitu berfungsi sebagai pelindung bearing agar tidak kotor yang berpotensi merusaknya.

            5. Cup