Berita

    Perhatikan Hal Ini sebelum Memasang Subwoofer

    Untuk memasang subwoofer mobil membutuhkan beberapa pertimbangan agar dapat menghasilkan suara bass yang jernih dan kuat. Ini merupakan alat pendukung instalasi audio mobil yang fungsinya lebih spesifik dibandingkan dengan speaker biasa. 

    Alat ini dilengkapi dengan kotak pelindung khusus pada bagian luar yang berfungsi untuk melindungi sekaligus menjaga kualitas suaranya. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan sebelum memasang subwoofer? Berikut informasinya!

    Pertimbangan sebelum Memasang Subwoofer Mobil 

    Bagi yang senang memodifikasi audio mobil, menambahkan subwoofer sebagai pendukung speaker akan menghasilkan suara bass yang optimal. Namun sebelum menentukan pilihan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang, antara lain: 

    • Kenali Selera Musik

    Pertimbangan pertama dalam memilih subwoofer adalah berdasarkan musik yang disukai, apakah jazz, pop, rock, reggae, dangdut, dan lain sebagainya. Pastikan untuk mengenali selera musik Anda sendiri!

    Pasalnya, setiap musik memiliki ciri khas masing-masing, sedangkan tidak semua jenis subwoofer bisa cocok dengan semua jenis musik. Dengan mengetahui selera musik sendiri akan mempermudah dalam menentukan jenis subwoofer mobil.   

    • Kenali Jenisnya

    Pertimbangan kedua adalah memilih berdasarkan jenis subwoofer. Berikut adalah poin-poinnya: 

    • Subwoofer Aktif

    Merupakan jenis subwoofer yang telah dilengkapi dengan amplifier di dalamnya. Cara pemasangan perangkat audio ini sangat mudah karena kompak sehingga hanya perlu dihubungkan dengan sumber daya dan input audio. 

    • Subwoofer Komponen

    Merupakan jenis subwoofer stand-alone yang tidak dilengkapi dengan amplifier. Subwoofer jenis ini selain membutuhkan amplifier eksternal juga perlu pengaturan bass tambahan. 

    Meskipun bisa memberikan kontrol yang lebih atas suara bass, namun untuk instalasi pemasangannya cukup rumit dan kompleks.  

    • Bass Tube

    Merupakan jenis subwoofer yang bentuknya tabung dan dilengkapi dengan amplifier serta equalizer bass booster. Cara instalasinya cukup mudah dan bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan. 

    • Single Coil

    Merupakan jenis subwoofer yang memiliki satu koil suara, cocok jika dipasangkan pada mobil dengan sistem audio yang sederhana.  

    • Dual Coil

    Merupakan jenis subwoofer yang mempunyai dua koil suara dengan respon bass yang kuat, sehingga memungkinkan untuk pengaturan impedansi dan daya yang lebih baik.   

    • Pilih Lokasi 

    Sebelum menentukan subwoofer, sebaiknya pilih lokasi penempatannya pada mobil terlebih dahulu. Ini untuk memastikan alat pendukung audio mobil tersebut bisa dipasang dengan mudah. 

    Seperti, subwoofer mobil jenis aktif umumnya sudah bundle jadi bisa langsung ditempatkan sesuai lokasi yang diinginkan dan tinggal disambungkan dengan sumber listrik mobil. 

    Untuk subwoofer dengan model box tipis umumnya dipasang di kolong jok depan, sedangkan yang model tabung ditempatkan di bagasi mobil. 

    • Cek Ukuran

    Pertimbangan lain dalam membeli subwoofer untuk mobil adalah mengecek ukurannya terlebih dahulu. Ini dimaksudkan agar Anda bisa memastikan seberapa luas tempat yang dibutuhkan oleh subwoofer

    ukuran subwooferUnsplash.com

    Pastikan untuk memilih ukuran yang tepat agar kehadirannya tidak mengganggu kenyamanan selama berkendara. 

    • Cek Spesifikasi

    Pertimbangan berikutnya adalah memastikan untuk melakukan pengecekan terhadap spesifikasinya. Pastikan bahwa spesifikasi subwoofer pilihan cocok dengan perangkat audio dan juga amplifier yang ada pada mobil.

    • Tentukan Anggaran

    Pastikan Anda telah menetapkan anggaran dan belilah subwoofer yang sesuai dengan dana yang telah ditetapkan tersebut. 

    • Cari Rekomendasi

    Terakhir, carilah rekomendasi subwoofer yang sesuai dengan tipe mobil. Sebab, setiap kendaran telah dilengkapi dengan perangkat audio.bawaan. Jadi, carilah subwoofer yang mampu mendukung dan mengimbangi performa audio bawaan. 

    Itulah beberapa pertimbangan yang perlu diperhitungkan sebelum memilih subwoofer. Jika senang dengan hal yang praktis, pilihlah subwoofer aktif!

    Sedangkan jika ingin performa yang lebih namun membutuhkan proses instalasi yang lebih sulit, Anda bisa memilih jenis subwoofer komponen. Jangan lupa untuk memahami cara memasang subwoofer mobil!