Berita

    Jangan Asal! Hal Penting Terkait Penggunaan Rem Tangan

    Di dunia otomotif, rem tangan atau hand brake seringkali dianggap sebagai komponen yang kurang penting dalam mobil. Di sisi lain, tahukah Anda bahwa hand brake tetap memiliki peran yang vital bagi keselamatan berkendara?

    Sebab dibandingkan sistem rem lainnya, rem satu ini dapat Anda gunakan pada kondisi darurat. Namun, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakannya dengan benar agar fungsinya tetap optimal.

    Cara Menggunakan Rem Tangan dengan Baik dan Benar

    Hand brake atau biasa juga disebut sebagai rem parkir, adalah sistem yang fungsinya dirancang untuk menjaga mobil tetap berada dalam posisi diam ketika mesin mati, atau ketika mobil sedang tidak dalam pergerakan. Berikut ini panduan terkait cara menggunakannya:

    • Pastikan Kendaraan Telah Berhenti Sepenuhnya

    Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengaktifkan rem parkir adalah memastikan bahwa kendaraan telah berhenti sepenuhnya menggunakan sistem rem utama.

    Ini adalah langkah kunci untuk menghindari gerakan tak terduga saat Anda memarkir mobil. Jadi, pastikan kendaraan sudah berada dalam posisi parkir (untuk transmisi otomatis) atau gigi netral (untuk transmisi manual).

    • Temukan Lokasi Tuas Rem

    Lokasi tuas hand brake dapat bervariasi tergantung pada desain mobil Anda. Namun, pada umumnya, tuas rem ini terletak di antara kursi pengemudi dan penumpang, berdekatan dengan lengan tengah atau di samping tempat duduk.

    • Tarik Tuas dengan Hati-Hati

    Setelah menemukan lokasi tuas rem, tarik tuas dengan perlahan. Penting untuk menghindari penarikan tuasnya secara terlalu keras atau terlalu kasar, karena ini dapat mempengaruhi kinerja sistem rem tangan di mobil Anda.

    • Periksa Kekencangannya

    Setelah menarik tuas rem, penting untuk memeriksa kekencangannya. Jika sudah terkunci dengan baik dan kencang, seharusnya kendaraan Anda tidak akan bergerak dari posisi semula.

    • Lepaskan Rem dengan Hati-Hati

    Terakhir, sebelum melanjutkan perjalanan, pastikan untuk melepaskan rem dengan hati-hati. Cara melakukannya adalah dengan menekan tombol pelepas (kalau ada) atau turunkan tuasnya ke bawah dengan perlahan hingga kembali ke posisi awal.

    • Hal Penting Terkait Penggunaan Hand Brake
    Freepik