Berita

    Mengungkap Sejarah Penemuan Mobil Pertama di Dunia

    Mobil merupakan salah satu kendaraan yang saat ini tidak asing lagi di masyarakat untuk digunakan sebagai moda transportasi harian. Namun belum banyak yang mengetahui siapa penemu mobil di dunia.

    Saat ini, sudah ada banyak sekali jenis mobil yang bisa dipilih. Mulai dari yang mewah, sampai yang cocok untuk kelas menengah ke bawah. Namun, apakah Anda tahu bagaimana sejarah mobil di dunia? Yuk simak ulasannya.

    Siapa Penemu Mobil Pertama di Dunia?

    Mungkin, ada yang mengira jika mobil pertama kali diciptakan di Amerika. Apalagi jika mengingat kendaraan roda empat ini menjadi salah satu fokus industri otomotif di Amerika Serikat.

    Jika dilihat dari kehadiran pertama mobil di dunia, memang benar jika Amerika yang pertama kali menciptakan mobil.

    Pada tahun 1798, Oliver Evans menciptakan sebuah mobil. Namun, mobil ini masih menggunakan tenaga uap untuk bisa bergerak. Sehingga, penggunaan mobil tenaga uap ini lama-lama ditinggalkan.

    Sejarah Penemu Mobil Pertama di Dunia

    Pada tahun 1886, kendaraan beroda empat pertama kali digagas oleh Karl Benz di Mannheim, serta Daimler dan William Maybach di Stuttgart. Singkatnya, penemu mobil pertama adalah ketiga orang penemu tersebut.

    Awalnya Karl Benz bersama dengan kedua temannya, menciptakan Motorwagen. Motorwagen merupakan sebuah kendaraan bermotor beroda tiga yang digerakkan dengan bahan bakar bensin. Motorwagen inilah yang menjadi mobil pertama di dunia.

    Bentuknya secara umum mirip dengan becak. Hanya saja, sudah lebih modern karena digerakkan oleh mesin.

    Setelah itu, Karl Benz beserta dua temannya mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama Daimler Group. Nama perusahaan tersebut masih berdiri kokoh hingga saat ini. 

    Melalui perusahaan ini, Karl Benz mampu mematenkan bahan-bahan dasar mobil sendiri. Seperti sistem throttle sendiri, radiator air, gear shifter, karburator, busi, dan bahan dasar yang lainnya.

    Pada tahun 1901, Mercedes Benz no. 1 menjadi mobil dengan bahan bakar pertama yang dirilis oleh Daimler Group sekaligus pembuka hubungan yang baik antara mobil dan kereta kuda. Mobil ini juga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan baik pada masa itu. 

    Pada saat itu, tidak ada yang mampu menyaingi kemewahan yang dimiliki oleh Mercedes. Desain yang unggul, disertai dengan spesifikasinya yang sangat mumpuni. 

    Mercedes juga dilengkapi dengan tiga tenaga kuda, kemudi berayun, 1 silinder, dan dashboard. Melihat keunggulan ini, selang beberapa lama Amerika menyusul dan mulai memproduksi banyak mobil dengan bahan bakar mesin. 

    Setelah Mercedes sudah mulai terkenal ke berbagai pelosok negeri, pada tahun 1902 Amerika mendirikan perusahaan mobil yang bernama Oldsmobile. Perusahaan ini dikembangkan bersama-sama oleh William Durrant dan Henry Ford. 

    Perusahaan ini langsung dapat memproduksi mobil dengan jumlah yang banyak untuk dapat menarik perhatian masyarakat. Setelah di Eropa dan di Amerika mobil berkembang pesat, tahun 1980 an negara Jepang juga ikut mendirikan perusahaan mobil dan menjadi produsen.

    Bahkan, Jepang merupakan salah satu negara Asia yang produksi otomotifnya mampu bersaing dengan negara-negara Eropa dan Amerika. Salah satu Agen Pemegang Merek yang terkenal tentunya suzuki. Persaingan pun semakin ketat dan mendorong para produsen untuk terus menciptakan inovasi yang baru.

    Berkat para penemu mobil tersebut, saat ini kita bisa merasakan kemudahan untuk bepergian kemanapun. Jadi, jangan lupakan sejarahnya sebagai bentuk terima kasih pada mereka, ya!