Berita

    Fitur 360-Degree Camera: Mengenal Fitur Untuk Melihat Segala Sudut Mobil

    360-degree camera menjadi fitur canggih yang ramai digunakan pada mobil modern berukuran besar. Fungsi kamera 360 derajat ini tidak lain untuk memudahkan pengemudi melihat sekeliling sudut mobil yang sebelumnya terbatas jadi lebih jelas dan leluasa.

    Kamera akan diposisikan pada empat titik sehingga memberi refleksi dari luar kabin mobil pada pengemudi dalam bentuk gambar sebesar 360 derajat. Memonitor bahaya serta memastikan zona aman ketika di jalan raya pun bukan hal yang sulit lagi. 

    Untuk mengenal lebih jauh tentang kamera 360 derajat ini, mari simak artikelnya hingga akhir berikut ini. 

    Mengenal Fitur 360-Degree Camera pada Mobil

    Kamera 360 terdiri dari empat kamera dengan titik pemasangan yang berbeda. Mulai dari kamera 1 yang pemasangannya pada bagian grill atau emblem bagian depan. Lalu, ada kamera 2 dan 3 yang dipasang pada spion kanan serta spion kiri. 

    Untuk spion 4, pemasangannya pada area pintu belakang mobil atau bagasi mobil. Lalu, untuk jenis kamera yang umum digunakan adalah jenis lensa lebar atau lensa wide dengan ukuran 192 derajat.

    Setelah keempat kamera terpasang, perlu sebuah software khusus yang akan menyambungkan seluruh angle kamera tersebut. Inilah yang kemudian menjadi keuntungan bagi pengemudi karena akhirnya bisa melihat area sekitar mobil dari segala sisi dengan mudah.

    Pengemudi pun bisa bermanuver pada area yang sempit dan terbatas, ketika parkir, serta ketika lalu lintas sedang padat, melalui pengaturan kamera 360 tersebut. 

    Terdapat dua jenis kamera yang bisa Anda gunakan, yakni kamera 2G dan 3G, yang berbeda dari sudut pandang kameranya. Untuk kamera 3G, tampilan yang ditangkap adalah dari atas, bawah, depan, kiri, hingga kanan. Sedangkan, pada kamera 2G mencakup seluruh sudut seperti kamera 3G kecuali dari atas mobil.

    Keunggulan Memiliki Kamera 360 

    Setelah memahami bagaimana 360-degree camera dapat mengambil gambar dari segala sisi di sekitar area mobil, mari kenali apa saja keunggulan dari kamera ini jika Anda menggunakannya pada mobil. 

    Keunggulan utama tentu saja Anda sebagai pengemudi akan lebih mudah berkendara ketika berada di jalanan yang sedang padat dan ramai. Selain keunggulan utama tersebut, kamera 360 pun bisa unggul karena: 

    • Fleksibilitas Mengemudi Lebih Tinggi

    Pengemudi akan jadi lebih fleksibel dalam mengendarai mobil, sebab kamera 360 akan memberikan penayangan langsung, atau live, dari sudut tertentu ketika Anda berkendara.

    Ini tentu membuat Anda lebih leluasa untuk menguasai medan jalan, khususnya apabila Anda berkendara di jalanan yang belum pernah Anda lewati sebelumnya.

    • Tidak Ada Blind Spot dan Sudut Pandang Lebih Luas

    Selanjutnya, Anda pun tidak akan memiliki blind spot atau titik buta lagi ketika berkendara. Camera 360 akan memberikan tampilan bidang jalanan yang luas untuk Anda jadikan acuan saat sedang berkendara di jalanan yang rawan.

    • Tidak Perlu Biaya Perawatan yang Banyak

    Kamera 360 tidak perlu mendapatkan perawatan yang mahal dan sering. Infrastruktur yang terpasang pada mobil lebih sedikit walau Anda bisa melihat area tertentu dengan lebih luas. 

    Kemudian, kamera 360 pun menggunakan sistemnya sendiri sehingga tidak harus selalu perawatan dan cukup secara berkala saja, jadi biaya perawatannya pun lebih hemat.

    • Usia Pakai Kamera Lama

    Anda tidak perlu khawatir kamera ini akan cepat rusak, sebab kamera ini tidak bergerak cepat dan hanya menangkap gambar di sekitar dari titik pasangnya saja. Anda pun bisa terhindar dari risiko seperti aus hingga latensi atau lag.