Berita

    Langkah-langkah Membersihkan Kotoran pada Kondensor AC Mobil di Rumah

    Salah satu fitur pada mobil yang wajib dijaga kebersihannya adalah AC atau Air Conditioner. Namun, Anda tak perlu khawatir untuk membersihkan kotoran pada kondensor AC mobil, tidak harus pergi ke bengkel.

    Komponen AC mobil yang satu ini paling bisa dijaga kebersihannya. Sebab, pembersihannya mudah dan bisa dilakukan sendiri.

    Sebelum ke step by step-nya, kondensor AC adalah sebuah komponen yang berfungsi mengubah suhu panas menjadi dingin. Fungsi ini membuat kondensor cepat sekali kotor. Kotoran bisa dibawa oleh freon AC atau debu-debu yang bertebaran di mobil.

    Maka, dalam minimal 2 minggu sekali, Anda harus rajin membersihkan kondensor ini. Hal itu dilakukan supaya udara di dalam mobil tetap segar dan bersih saat AC dinyalakan. Berikut cara membersihkan kondensor AC dari rumah:

            1. Persiapkan alat untuk membuka AC dan membersihkan

    Ada beberapa alat yang harus disiapkan sebelum Anda membersihkan kondensor AC. Di antaranya yakni kunci inggris, kunci socket, kunci pas, brush, lap, dan cairan khusus pembersih AC.

    Pastikan alat-alat tersebut berfungsi dengan benar. Kemudian lap dan brush juga harus bersih supaya tidak membawa kotoran lain saat digunakan untuk membersihkan AC mobil.

            2. Buka AC

    Dengan alat-alat yang telah disediakan, bukalah evaporator AC. Saat membuka komponen ini, pastikan mesin mobil dalam kondisi off atau mati ya.

    Setelah membukanya, carilah kondensor AC. Angkat dengan hati-hati, supaya tidak tergores atau rusak.

            3. Semprotkan dengan cairan pembersih AC

    Cairan pembersih ini bisa Anda beli di online shop. Pilih yang berbentuk spray, supaya enak saat melakukan penyemprotan.

    Nah, setelah itu semprotkan cairan tersebut, ya. Kemudian lap yang sudah disediakan, gunakan untuk menggosok secara hati-hati kondensor AC mobil.

    Untuk menjangkau bagian-bagian yang siku atau susah dibersihkan dengan lap, gunakan brush kecil. Bersihkan secara hati-hati, dan pastikan tidak ada debu yang tertinggal.

            4. Pasang kembali AC mobil