Ketahui Komponen Rem Cakram Mobil dan Fungsinya
Rem cakram mobil disebut juga dengan disc brake menjadi salah satu komponen pengereman di mobil yang banyak digunakan. Kegunaan rem cakram untuk menghentikan laju kendaraan di jalanan.
Anda mungkin sudah familiar dengan komponen rem satu ini, ternyata rem cakram juga disusun oleh lebih banyak komponen lagi. Kami akan memberikan ulasan masing-masing komponen secara singkat di artikel ini.
Jenis-Jenis Komponen Rem Cakram Mobil Beserta Fungsinya
Berikut ini adalah macam-macam komponen pada rem cakram kendaraan Anda, saling bekerja sama sehingga membuat mobil yang Anda kendarai dapat melambat atau berhenti melaju.
- Kaliper
Terdapat dua jenis caliper, yaitu caliper floating dan caliper fixed. Kaliper memiliki prinsip kerja dengan menjepit kampas rem ke piringan dengan mekanis. Dibantu dengan tekanan hidrolik dari kabel rem, letak caliper di brake support dan mampu bergeser ke kanan maupun kiri. Komponen ini ditunjang oleh pistol rem untuk membuatnya memberikan tekanan pada kampas rem.
- Piston Brake
Sementara untuk komponen rem cakram mobil yang satu ini posisinya ada di dalam caliper dengan bentuk menyerupai tabung, Bekerja dengan memberikan pressure ke kampas piringan dan cakram roda agar kendaraan dapat melambat.
- Seal Piston
Masih menjadi salah satu bagian dari piston brake, fungsinya adalah menarik piston kembali setelah proses pengereman berhasil dilakukan. Tak hanya itu saja, seal piston juga memiliki fungsi menghambat aliran minyak hidrolik agar tidak alami kebocoran.
- Selang Hidrolik
Kegunaan selang hidrolik adalah mentransfusi minyak rem hidrolik ke caliper dan memaksimalkan tekanan hidrolik yang ada di rem. Selain itu bisa juga menghambat terjadinya kebocoran.
- Kampas Rem
Disebut juga dengan brake pads yang memiliki fungsi menekan piringan cakram di sistem pengereman kendaraan. Sehingga dapat memunculkan gaya gesek dan menghentikan putarannya.
Bahan pembuatan kampas termasuk variatif, mulai dari asbes, keramik, sinter sampai bahan semi metal. Kami sarankan bagi Anda untuk memilih bahan yang tahan panas dan sesuai spesifikasi kendaraan Anda.
- Piringan Cakram
Dikenal juga dengan disc brake yang posisinya berada di poros kendaraan. Perputarannya searah dengan putaran roda dan memiliki tugas untuk menampung tekanan kampas rem. Begitu tekanan diterima komponen ini jadi menghentikan putaran rodanya. Terdapat dua jenis piringan cakram yang biasanya dipakai, yaitu solid disc dan ventilated disc.
- Master Silinder
Salah satu komponen krusial dalam sistem pengereman mobil. Tugasnya adalah mengonversi tekanan yang terjadi di pedal rem dan diubah jadi tekanan hidrolik. Terdapat dua jenis master silinder, tipe tunggal dengan satu piston dan tipe tandem yang memiliki dua piston.
- Minyak Rem
Mekanisme hidrolik dapat terjadi berkat adanya komponen ini. Karena minyak yang bekerja untuk mentransfer gerak dari pedal rem hingga ke piringan cakram. Jenis minyak rem disesuaikan dengan besaran titik didihnya. Sebaiknya Anda memakai minyak rem yang spesifikasi titik didihnya paling sesuai dengan Anda.
- Pedal Rem
Bagaikan sebuah saklar yang mengatur kinerja rem cakram di mobil. Jika pedal rem diinjak maka sistem pengereman akan saling bekerja sesuai fungsi masing-masing.
Nah, itulah komponen-komponen yang menyusun dan mengatur kinerja rem cakram mobil. Jika Anda menemui kerusakan pada sistem pengeraman maka bisa segera memberikan penanganan di bengkel terdekat. Rem menjadi salah satu komponen vital yang tidak boleh dianggap remeh. Perjalanan jadi aman dan nyaman dengan kondisi rem yang optimal.
Segera lakukan pemeriksaan pada mobil Anda di bengkel Suzuki terdekat, dengan melakukan boking service secara mudah melalui website berikut https://suzukidealerkalimalang.id/.