Berita

    Ketahui Komponen Rem Cakram Mobil dan Fungsinya

    Rem cakram mobil disebut juga dengan disc brake menjadi salah satu komponen pengereman di mobil yang banyak digunakan. Kegunaan rem cakram untuk menghentikan laju kendaraan di jalanan. 

    Anda mungkin sudah familiar dengan komponen rem satu ini, ternyata rem cakram juga disusun oleh lebih banyak komponen lagi. Kami akan memberikan ulasan masing-masing komponen secara singkat di artikel ini. 

    Jenis-Jenis Komponen Rem Cakram Mobil Beserta Fungsinya

    Berikut ini adalah macam-macam komponen pada rem cakram kendaraan Anda, saling bekerja sama sehingga membuat mobil yang Anda kendarai dapat melambat atau berhenti melaju.

    • Kaliper

    Terdapat dua jenis caliper, yaitu caliper floating dan caliper fixed. Kaliper memiliki prinsip kerja dengan menjepit kampas rem ke piringan dengan mekanis. Dibantu dengan tekanan hidrolik dari kabel rem, letak caliper di brake support dan mampu bergeser ke kanan maupun kiri. Komponen ini ditunjang oleh pistol rem untuk membuatnya memberikan tekanan pada kampas rem.

    • Piston Brake

    Sementara untuk komponen rem cakram mobil yang satu ini posisinya ada di dalam caliper dengan bentuk menyerupai tabung, Bekerja dengan memberikan pressure ke kampas piringan dan cakram roda agar kendaraan dapat melambat.

    • Seal Piston

    Masih menjadi salah satu bagian dari piston brake, fungsinya adalah menarik piston kembali setelah proses pengereman berhasil dilakukan. Tak hanya itu saja, seal piston juga memiliki fungsi menghambat aliran minyak hidrolik agar tidak alami kebocoran.

    • Selang Hidrolik

    Kegunaan selang hidrolik adalah mentransfusi minyak rem hidrolik ke caliper dan memaksimalkan tekanan hidrolik yang ada di rem. Selain itu bisa juga menghambat terjadinya kebocoran.

    • Kampas Rem

    Disebut juga dengan brake pads yang memiliki fungsi menekan piringan cakram di sistem pengereman kendaraan. Sehingga dapat memunculkan gaya gesek dan menghentikan putarannya. 

    Bahan pembuatan kampas termasuk variatif, mulai dari asbes, keramik, sinter sampai bahan semi metal. Kami sarankan bagi Anda untuk memilih bahan yang tahan panas dan sesuai spesifikasi kendaraan Anda.

    • Piringan Cakram

    Dikenal juga dengan disc brake yang posisinya berada di poros kendaraan. Perputarannya searah dengan putaran roda dan memiliki tugas untuk menampung tekanan kampas rem. Begitu tekanan diterima komponen ini jadi menghentikan putaran rodanya. Terdapat dua jenis piringan cakram yang biasanya dipakai, yaitu solid disc dan ventilated disc. 

    • Master Silinder