Berita

    Ketahui Fungsi Fitur ESP pada Mobil

    ESP mobil saat ini menjadi salah satu jenis fitur yang dinilai sangat bermanfaat bagi para pengendara. ESP itu sendiri merupakan kependekan dari Electronic Stability Program

    Apa sebenarnya fitur ini dan apa saja fungsinya? Jika Anda belum tahu fungsi-fungsi dari fitur ESP pada kendaraan mobil, lebih baik jangan lewatkan pembahasan informatif dalam artikel satu ini!

    Tentang ESP Mobil

    ESP sebenarnya bukanlah sebuah hal yang baru. Sejak tahun 2014 silam, mobil-mobil di Eropa wajib dilengkapi dengan ESP. Bahkan fitur ini ternyata sudah ada sejak 10 tahun sebelumnya. 

    ESP ini sendiri merupakan sebuah sistem yang nantinya akan bekerja menyelamatkan nyawa pengemudi dan penumpang di dalam mobil. ESP akan membantu mobil tetap berada di jalan yang aman. 

    Sistem ini akan bekerja mengendalikan mobil dan menuju ke arah yang diinginkan oleh pengemudi. Jadi pada dasarnya ESP itu masuk ke kategori fitur keselamatan mobil atau pengendara. 

    Fungsi ESP

    Setiap fitur pada mobil tentu diberikan bukan tanpa alasan. Begitu juga dengan fitur ESP ini. Berikut adalah beberapa fungsi yang dijalankan oleh ESP:

    • Menjaga Mobil Tetap Stabil

    ESP akan membantu mobil Anda tetap stabil selama melaju di jalanan. Bahkan ini berlaku saat Anda tiba-tiba harus banting setir ke kanan maupun kiri. 

    Perubahan arah tiba-tiba saat melaju ini akan sulit dilakukan jika tidak ada ESP. 

    ESP mobil akan merespon gerakan tiba-tiba tadi dengan memberikan sinyal ke fitur keamanan yang lain. Pada akhirnya ESP akan membantu kendaraan tetap stabil serta ban mobil tidak akan kehilangan traksinya. 

    Di sini jelas terlihat bahwa ESP memang sangat penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Fitur ini akan membantu Anda bisa mengendalikan mobil dengan mudah dan jauh lebih stabil.

    • Mengatur Tenaga yang Dikeluarkan Mesin

    Mobil membutuhkan tenaga mesin yang besarnya berbeda-beda, tergantung pada medan jalan yang dilalui. Sistem ESP ini bisa membantu pengemudi untuk mengatur besarnya tenaga mesin tersebut. 

    ESP akan mengontrol total tenaga dari mesin menuju roda. Ini dilakukan supaya tidak terjadi spin khususnya di bagian roda saat pengemudi menginjak gas di medan jalan yang sulit misalnya di jalanan berlumpur. 

    Ini membantu pengemudi bisa berkendara dengan nyaman dan aman di medan jalan apapun. Tenaga mesin bisa diatur dengan mudah sesuai kebutuhan sehingga perjalanan terasa jauh lebih efektif. 

    • Mendukung Kerja ABS