Berita

    Ketahui Ciri Kopling Mobil Matic Habis

    Ciri-ciri dari kampas kopling mobil matic habis akan berbeda dengan kampas kopling dari mobil manual. Prinsip utamanya, transmisi akan mengalirkan daya mesin secara otomatis ke bagian roda ketika pedal ditekan. 

    Bila kopling mobil matic Anda habis, maka gerakan pada mobil Anda akan semakin terasa. Alhasil, hal ini akan membuat kenyamanan berkendara menjadi terganggu.

    Ciri-ciri Kopling Mobil Matic Habis

    Nah, agar tidak terlambat dan cepat ditanggulangi, Anda perlu tahu ciri-ciri dari kampas kopling yang rusak. Berikut ciri-cirinya: 

            1. Terasa Kasar Ketika Perpindahan Transmisi

    Ciri yang pertama dan muda dikenali adalah terasa kasar sewaktu terjadi transmisi. Pada saat perpindahan ini, terdengar suara seakan mesin bergesekan dengan benda kasar atau ada komponen yang terdengar patah. Biasanya, tanda dari suara ini dapat dilihat dari durasi transmisi gigi mobil yang terasa lebih lama. 

            2. Mengamali Getaran

    Sewaktu kopling mobil matic habis, ciri keduanya berupa getaran atau guncangan pada mobil. Ini disebabkan karena kopling sudah mulai aus jadi, sensasi getaran akan semakin terasa keras ketika digunakan untuk berkendara. 

            3. Terdapat Hentakan Sewaktu Perpindahan Transmisi

    Ketika transmisi terjadi, hentakan yang keras juga mulai muncul. Hentakan ini disebabkan karena oli transmisi yang ada di mesin mobil sudah tidak dapat melumasi ketika RPM saat kondisi optimal. 

            4. Ketika Distarter, Terasa Langsung Ngelos

    Kopling yang mulai aus akan mengakibatkan starter mobil mengalami los atau sama sekali tidak bisa dinyalakan. 

            5. Tercium Bau Hangus

    Paling berbahaya ada di ciri-ciri dan perlu diwaspadai, karena sudah mulai tercium bau hangus dari bagian mesin mobil. Bila tidak langsung diperbaiki, bisa menyebabkan mesin rusak dan mobil tidak akan berfungsi kembali. 

            6. Putaran Mesin Jadi Semakin Tinggi

    Ketika berkendara, pasti ada kalanya Anda berada di kecepatan sedang dan ingin berjalan santai. Nah, ketika tengah di kecepatan sedang tetapi putaran mesinnya terasa terus tinggi, ini ciri-ciri kalau kopling sudah mulai diganti. Ini disebabkan karena kampasnya sudah habis sehingga permukaannya menjadi licin dan putaran mesin jadi lebih cepat. 

            7. Tidak Kuat Untuk Menanjak