Berita

    Kenali Fungsi Cruise Control Pada Mobil

    Cruise control adalah salah satu teknologi baru yang diterapkan pada mobil dengan fungsi mengatur kecepatan mesin stabil tanpa membutuhkan pijakan pedal gas. Fitur canggih ini kerap kali disebut dengan auto cruise atau speed control.

    Fitur ini memungkinkan mobil Anda untuk tetap bergerak dengan kecepatan yang stabil tanpa kaki harus menginjak pedal gas.

    Fungsi Cruise Control

    Fungsi utama dari fitur ini adalah menjaga laju mobil tanpa harus menginjak pedal gas pada kecepatan yang Anda inginkan. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa menggerakkan mobil Anda tanpa perlu capek-capek menekan pedal gas. 

    Ketika mengaktifkan fitur ini, Anda bisa melepaskan pijakan kaki dari pedal gas. Sayangnya, auto cruise hanya ada pada mobil-mobil canggih masa kini. Masih banyak juga pengemudi yang kendaraannya dilengkapi fitur ini, belum tahu bagaimana menggunakan fitur yang canggih ini. 

    Padahal, jika Anda tahu bagaimana menggunakan fitur auto cruise, kenyamanan Anda akan semakin bertambah saat berkendara. Terutama saat Anda melakukan perjalanan jauh melewati tol, kaki Anda akan terbebas dari rasa lelah. 

    Penggunaan Fitur Auto Cruise

    Setelah mengetahui fungsi dari cruise control, Anda harus tahu beberapa hal untuk bisa lebih nyaman saat menggunakannya.

    • Untuk menggunakan fitur auto cruise, Anda harus menekan tombol yang berupa lingkaran speedometer pada kemudi Anda. Ada pula tombol yang hanya bertuliskan LIM atau CRUISE.
    • Disekitar tombol ini, terdapat tombol “+” dan “-” yang berfungsi untuk menambah atau mengurangi kecepatan. 
    • Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda disarankan untuk memacu kecepatan kendaraan Anda pada angka sekitar 60 km/jam hingga 80 km/jam. Kecepatan ini adalah batas kecepatan aman saat akan menyalakan fitur ini. Anda harus mempertahankan kecepatan ini selama beberapa saat. Lalu, jika Anda merasa bahwa keadaan disekitar Anda cukup aman, Anda dapat menyalakan fitur ini dengan menekan tombol pada tuas kemudi.
      Setelah fitur diaktifkan, Anda bisa mengistirahatkan kaki untuk sejenak. Anda tidak perlu khawatir, karena mobil akan melaju dengan otomatis.
    • Untuk mematikan fitur ini, Anda dapat menekan tombol “CANCEL” yang ada pada kemudi Anda. Bisa juga dengan menginjak rem atau pedal mobil Anda.
    • Pada umumnya, kendaraan yang memiliki fitur ini dilengkapi pula dengan fitur sensor radar yang bisa membaca keadaan lalu lintas di sekitar kita. 
    • Fitur ini sudah tersedia dengan sistem yang lebih canggih pada mobil berkelas premium. Fitur yang ditawarkan pun lebih banyak, antara lain:
    1. Mendeteksi laju kendaraan disekitar kita.
    2. Memprogram laju kecepatan yang sama dengan kendaraan di depan kita,
    3. Menjaga jarak dengan mobil di depan kita,
    4. Membuat kemudi secara otomatis tepat pada jalurnya.