Berita

    Kenali Ciri Koil Lemah Pada Mobil

    Usia pemakaian mobil yang sudah lama membuat fungsi dari komponen-komponen penyusun mobil mulai berkurang performanya. Hal ini berlaku juga pada sebuah komponen mobil yang disebut dengan koil.

    Koil merupakan salah satu komponen pada sistem pengapian di sebuah mobil. Ketika mobil sudah lama digunakan maka terdapat kemungkinan koil menjadi lemah. Koil lemah pada mobil memiliki ciri-ciri yang menandakannya.

    Di kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas tentang ciri yang menandakan koil pada mobil berubah menjadi lemah. Namun, sebelum membahas macam-macam pertanda tersebut, Anda perlu ketahui terlebih dahulu tentang fungsi dari komponen koil ini.

    Fungsi Koil Bagi Mobil

    Fungsi dari koil yaitu untuk menghantarkan listrik bertegangan tinggi. Koil merupakan komponen pada mobil dengan bentuk menyerupai gulungan kawat dari tembaga yang dilewati oleh aliran listrik. 

    Pada mobil, koil merupakan salah satu komponen penting yang mana jika koil rusak atau performanya lemah maka akan berpengaruh pada kinerja mesin mobil.

    Pertanda Koil Lemah pada Mobil

    Perhatikan pertanda berikut yang memberikan Anda sinyal bahwa koil pada mobil Anda telah mengalami penurunan fungsi dan berubah menjadi lemah.

    • Terasa Panas

    Ciri kentara yang menandakan sebuah koil pada mobil milik Anda lemah yaitu dapat dirasakan ketika koil tersebut mengalami peningkatan suhu atau terasa panas saat disentuh. 

    Penyebab koil bisa berubah menjadi panas yaitu karena lamanya usia pemakaian. Ketika koil memiliki suhu panas yang tinggi tentunya hal ini akan mempengaruhi performa dari koil ini sendiri.

    • Terdapat Percikan Api

    Munculnya percikan api pada koil bisa menjadi pertanda bahwa koil mobil Anda mulai lemah. Anda bisa melakukan pengecekan dengan cara menyemprotkan air ke koil dalam keadaan mesin menyala.

    Sebisa mungkin untuk melakukan pengecekan di lokasi yang gelap. Hal ini memiliki alasan agar percikan api bisa terlihat dengan jelas. Apabila saat air disemprotkan tidak memunculkan percikan api maka koil masih berfungsi dengan normal, namun apabila keluar percikan api, maka koil sudah lemah dan mengalami kebocoran.

    • Starter Mobil Membutuhkan Waktu yang Lama

    Apabila mobil Anda mengalami fase membutuhkan waktu yang lama untuk distarter, maka kemungkinan yang menyebabkannya yaitu koil mulai lemah. Ciri-ciri satu ini yang menandakan koil lemah pada mobil disebabkan karena campuran dari bahan bakar yang Anda gunakan dengan udara tidak bisa menghantarkan listrik.