Berita

    Ini Tanda Karet Pintu Mobil Anda Harus Diganti

    Kegunaan karet pintu mobil yang vital pada mobil Anda wajib diperhatikan kondisi terbaiknya. Namun, dalam beberapa kasus ada masanya karet pintu pada mobil mengalami permasalahan yang menimbulkan celah pada pintu mobil.

    Jika terdapat celah pada mobil, maka dampaknya akan lebih buruk. Misal, debu dan air hujan yang masuk ke dalam bagian interior mobil.

    Oleh karena itu, Anda wajib untuk mengetahui tanda ketika karet pintu pada mobil bermasalah dan wajib diganti. Berikut ulasannya!

    5 Tanda Karet Pintu Mobil Wajib Diganti

    Karet pada pintu mobil memiliki kegunaan penting, salah satunya adalah menjaga kabin atau bagian interior mobil lebih kedap. Selain itu, Anda terjaga dari debu dan air yang berasal dari jalanan.

    Tetapi, penggunaan mobil dalam intensitas tinggi juga akan mempengaruhi kualitas karet pada pintu mobil. Berikut ini tanda-tanda karet pintu sudah waktunya diganti:

    • Warna Karet Memudar

    Tanda pertama yang mungkin akan terlihat lebih jelas adalah warna karet pintu yang memudar. Anda dapat memperhatikan jika karet mobil terlihat lebih kusam dan tidak berwarna hitam, maka artinya sudah wajib untuk diganti.

    Selain itu, Anda juga dapat memperhatikan karet pintu yang mulai terdapat keretakan. Hal itu dikarenakan permukaan karet yang terkena panas terlalu lama dan berkala.

    • Bentuk Karet Berubah

    Kedua, Anda dapat mengenali tanda karet pintu pada mobil sudah rusak dan wajib diganti adalah dari bentuknya. Karet pintu yang baik memiliki bentuk kencang dan elastis, namun jika bentuknya sudah gepeng atau melar maka wajib diganti.

    • Perubahan Kedap Suara pada Bagian Interior

    Salah satu hal yang mengganggu jika kondisi karet pintu pada mobil Anda tidak maksimal adalah adanya perubahan kondisi pada bagian interior. Hal ini ditandai dengan berkurangnya sistem kedap suara.

    Hal ini tentu dapat mengganggu kenyamanan Anda ketika berkendara. Maka dari itu, jika Anda mendengar adanya suara besi mesin mobil beradu ketika berkendara. Itulah saatnya Anda mengganti karet pintu pada mobil Anda. 

    • Ada Bunyi Mirip Siulan

    Tanda selanjutnya yang dapat Anda perhatikan adalah adanya bunyi angin seperti siulan ketika mobil Anda bergerak. Hal ini dikarenakan suara angin yang berhasil masuk melewati celah karet pintu yang rusak.

    Kenyamanan dan keamanan berkendara Anda dapat terganggu karena bunyi angin tersebut akan semakin bising jika kecepatan mobil semakin cepat. Segera ganti karet pintu pada mobil Anda.

    • Pintu Mobil Kurang Rapat

    Terakhir, Anda wajib mewaspadai ketika pintu mobil Anda kurang rapat. Hal itu dapat dikarenakan kondisi karet yang sudah rusak dan wajib diganti. Penting rasanya untuk memeriksa kondisi kerapatan pada mobil.

    Misal, jika pintu mobil tidak rapat maka ada kemungkinan untuk menyebabkan pintu terbuka tiba-tiba dan membahayakan Anda serta orang lain. Belum lagi jika musim hujan yang mana air hujan dapat masuk ke dalam mobil.