Berita

    Featured Image

    Ini Alasan Kenapa Tidak Semua Mobil Cocok dengan Ban Offroad

    Ada berbagai jenis ban yang bisa digunakan untuk mobil Anda, salah satunya yakni ban offroad. Jenis ban ini dapat membuat tampilan mobil semakin keren dan menarik, sehingga diminati oleh banyak orang.

    Namun, mungkin masih banyak orang yang belum paham bahwa ban jenis offroad tidak selalu cocok untuk segala jenis mobil. Simak artikel kali ini sampai tuntas untuk tahu apa saja alasan yang membuat ban ini belum tentu cocok untuk mobil Anda.

    Alasan Ban Offroad Belum Tentu Cocok untuk Semua Jenis Mobil

    Sebenarnya, ketika Anda membeli mobil, maka tentu saja komponen ban ini sudah ada sejak awal. Ban yang telah dipasang pabrik merupakan jenis ban yang dirancang dan disesuaikan dengan jenis mobil yang Anda beli.

    Namun, bagi sebagian orang, modifikasi ban menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba karena berbagai alasan, termasuk untuk mendukung penampilan sesuai karakter yang diinginkan.

    Ban jenis offroad pun sering dipakai untuk berbagai jenis mobil. Meski bisa-bisa saja, tapi sebenarnya ban ini belum tentu cocok dengan semua jenis mobil, berikut alasannya.

    • Bukan Ban yang Dirancang untuk Jalan Aspal

    Sesuai dengan namanya, ban offroad memang dirancang untuk berbagai jenis perjalanan offroad. Misalnya, melintasi lumpur, genangan air, jalan setapak, bebatuan, pasir, dan sejenisnya.

    Desain ban tersebut belum tentu cocok untuk jenis jalan lain yang lebih mulus, misalnya jalan aspal.

    Jadi, jika Anda memakai jenis mobil yang secara umum dirancang untuk perjalanan di jalan raya, ada baiknya untuk memakai ban yang sesuai dengan mobil tersebut.

    Meski demikian, tetap masih banyak orang yang melakukan modifikasi dengan memakai ban ini. Biasanya, untuk menunjang tampilan mobil supaya tampak sangar dan keren.

    Memang tidak salah memakai ban jenis offroad, namun pertimbangkan juga berbagai alasan yang akan dibahas setelah ini.

    • Boros Bahan Bakar

    Bahan bakar yang digunakan jika Anda memakai ban jenis offroad akan lebih boros dibandingkan jenis ban yang memang standar setelan pabrik sesuai dengan jenis mobil Anda.

    Jika Anda menggunakannya dalam menunjang rutinitas sehari-hari, misalnya untuk perjalanan pergi dan pulang bekerja, maka tentu akan sangat boros.

    • Suara Bising saat Dipakai di Aspal

    Selain boros, ban jenis ini juga menghasilkan suara bising ketika Anda berkendara, termasuk di jalan yang mulus atau beraspal.

    Hal ini disebabkan alur dari ban yang dirancang dengan celah yang longgar. Celah tersebut berpotensi menimbulkan adanya gaya gesek yang berlebihan, sehingga suaranya pun menjadi bising.

    Jadi, ika digunakan pada mobil yang dipakai sehari-hari dan melintasi jalan raya, maka ini dapat mengganggu pengendara atau pengguna jalan lainnya.

    • Memiliki Karakter Cepat Panas

    Memiliki Karakter Cepat PanasFreepik.com

    Ban ini dapat membuat berbagai jenis mobil menjadi cepat panas, sehingga bisa saja menimbulkan potensi bahaya jika tidak diperhatikan dengan baik.

    • Berisiko Pecah ketika Dipakai untuk Kecepatan Tinggi

    Selain cepat panas, karakteristik ban ini juga bisa berisiko pecah ketika Anda gunakan pada kecepatan tinggi.

    Jika diperhatikan lagi, mobil offroad memang jarang dipakai untuk kecepatan tinggi, karena karakteristiknya kurang mendukung untuk penggunaan tersebut, termasuk untuk desain bannya.

    Jadi, apabila mobil Anda adalah jenis mobil yang umumnya dipakai sehari-hari dengan kecepatan tinggi, sebaiknya pertimbangkan untuk menghindari jenis ban ini.

    Itu tadi berbagai alasan mengapa tidak semua mobil cocok untuk ban jenis offroad. Pada dasarnya, pemilihan ban untuk kendaraan memang perlu memperhatikan berbagai faktor, termasuk karakteristik dari ban dan kendaraan.

    Jadi, jika kendaraan Anda atau pemakaiannya kurang sesuai dengan ban offroad, ada baiknya memilih ban jenis lain yang lebih cocok. Informasi ini menjadi penting bagi para pemilik mobil supaya tidak salah memilih.