Berita

    Dial Indicator: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

    Dalam dunia industri otomotif sendiri ada berbagai jenis alat yang sifatnya penting dan harus ada ketika melakukan servis. Salah satunya adalah dial gauge.

    Dial Indicator / Dial Gauge adalah salah satu alat khusus alias Special Service Tools (SST) dimana biasanya digunakan untuk mengukur kerataan permukaan bidang datar dengan sekala yang sangat kecil. 

    Alat jenis ini merupakan alat jenis ukur yang mana paling banyak digunakan dalam dunia otomotif terutama di bengkel. 

    Fungsi Dial Geuge

    Dial indicator adalah adalah alat yang sangat penting. Ada beberapa fungsi dial indicator adalah sebagai berikut:

    1. Mengukur Kerataan pada Bidang Permukaan yang Datar

    Fungsi yang pertama adalah untuk mengukur permukaan yang rata pada bidang yang datar. Contohnya adalah digunakan pada pekerjaan mekanin yang mengukur permukaan flywheel dan rem cakram. 

    Permukaan ini biasa diukur untuk menentukan ke arah mana perbaikan harus dilakukan. Apabila ketidakrataannya sudah lebih dari batas wajar maka harus mengganti part. Akan tetapi jika belum melewati batas wajar maka bisa menggunakan opsi lain yaitu bubut.

            2. Untuk Mengukur Kebengkokan

    Fungsi yang kedua adalah untuk mengukur kebengkokan yang biasa terjadi pada poros propeller. Apabila poros propeller ini bengkok akan berdampak pada terjadinya perputaran yang tidak merata sehingga akan menimbulkan ketidaknyamanan karena ada getaran di body kendaraan.

    Jadi diperlukan pengukuran dengan dial indicator berfungsi untuk menentukan apakah poros ini masih lurus atau sudah bengkok untuk menjaga kenyamanan ketika berkendara.

            3. Untuk Memeriksa Tingkat Kesejajaran Permukaan

    Fungsi yang ketiga adalah untuk memeriksa tingkat kesejajaran permukaan ketika melakukan pengukuran pada mesin diesel tepatnya pada liner projection.

    Selain itu, pemeriksaan kesejajaran juga dapat dilakukan pada piston protrusion yang mana agar mendapatkan ketinggian atau jarak yang bisa dikatakan ideal.

            4. Untuk Mengukur Jarak pada End Play Suatu Benda

    Fungsi yang terakhir adalah untuk mengukur jarak pada end play suatu benda seperti pada crankshaft. Hal ini bertujuan untuk mencegah si crankshaft macet sehingga tidak bisa berputar dengan baik.

    Cara Menggunakan Alat Ukur Dial Gauge

    Ada pun langkah – langkah yang harus Anda ikuti, sebagai berikut:

    1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan peletakan tiang dial gauge di lubang pengunci. Tiang pengunci ini ada di tiang dial gauge. Setelah itu jangan lupa kencangkan bautnya.
    2. Jika sudah maka masukkan dial gauge yang ada jarum dan skala pada tangkai dial gauge. Jangan lupa kencangkan juga.
    3. Bacalah gambar kerja dan bersihkan bagian benda kerja dari segala kotoran. Jika sudah lakukanlah kegiatan pengukuran.
    4. Hidupkan aliran magnet yang terdapat pada dial gauge dengan cara memindahkan tombol yang ada di bagian bawah menuju posisi on.
    5. Jika sudah maka posisikan si jarum dial gauge berada tepat di atas permukaan benda kerja. Letakkan hingga menyentuh dan terjadi gesekan diantara benda kerja dengan jarumnya.
    6. Jika sudah benda kerja digeser ke kiri atau kanan. Jika berputar searah jarum jam, maka benda kerja itu memiliki permukaan yang cembung. Sebaliknya, jika berputarnya berlawanan dengan arah jarum jam maka permukaan benda kerja tersebut memiliki bentuk cekung.

    Itulah dia informasi mengenai fungsi dial indikator dan juga cara penggunaanya. Semoga  informasi ini bisa membantu. Lakukan booking service mobil melalui bengkel resmi Suzuki bila kendaraan memiliki masalah. Kunjungi website nya di https://suzukidealerkalimalang.id/kalimalang untuk menjadwalkan booking service anda.