Berita

    Memanaskan Mesin Mobil, Apa Fungsinya dan Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan?

    Memanaskan mobil harus menjadi kebiasaan setiap pengguna mobil. Hal ini perlu disadari adalah dengan memanaskan mobil, Anda merawat mesin dan komponen lain seperti aki untuk tetap berfungsi normal. Memanaskan mobil secara rutin, bisa menghindarkan mobil dari kerusakan jangka panjang. Karena setiap hari komponen dalam mobil membutuhkan pelumasan dan asupan arus listrik, agar tetap berfungsi optimal pada saat digunakan.

    Mobil yang jarang dipanaskan, biasanya menjadi rewel, ketika hendak digunakan. Mobil bisa membutuhkan waktu lama untuk hidup karena akinya tekor atau soak, pengapian pada busi tidak maksimal dan problem lainnya terkait mesin. Karena itu, aktivitas memanaskan mobil akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mobil.

    Pentingnya Memanaskan Mobil

    1. Kelistrikan Terawat

    Mobil membutuhkan arus listrik untuk hidup. Hal ini diperlukan dari aki dan komponen penunjang lainnya seperti alternator dan regulator. Karena itu perlu memanaskan mobil. Mobil sering dipanaskan maka perangkat ini akan berfungsi normal, karena setiap hari dialiri arus listrik. Tapi kalau mobil jarang dipanaskan, maka ketiga komponen penyuplai arus listrik ini, justru harus mendapatkan pasokan listrik dari mobil lain dulu, untuk memaksimalkan tenaga dan arus listrik untuk bisa menghidupkan mobil. Hal ini yang membuat mobil yang lama terparkir sulit dihidupkan.

    Misalnya aki, komponen ini berfungsi menyimpan listrik dari perputaran mesin. Jika tidak ada perputaran mesin karena mobil hanya terparkir tidak akan ada arus yang disimpan. Alhasil menjadi tekor dan mobil susah dihidupkan sebelum aki di jumper.

     2. Sirkulasi Oli Berjalan

    Mesin setiap saat membutuhkan pelumasan agar komponennya dapat bekerja dengan optimal. Tidak mengalami gesekan signifikan, sehingga proses pembakaran berjalan semestinya. Mesin mobil harus selalu dialiri oli sebagai pelumas, dan pelumasan komponen hanya bisa terjadi ketika mobil dihidupkan atau dipanaskan. Mobil yang jarang dipanaskan akan membuat komponen yang seharusnya mendapatkan pelumasan menjadi kering, sehingga pada saat dipaksakan untuk hidup malah saling bergesekan dan menimbulkan kerusakan.

    Oli merupakan pelumas yang berfungsi untuk memperkecil gesekan yang terjadi antara logam yang ada di komponen mesin mobil. Mesin mobil harus senantiasa sering dialiri oleh oli. Hal ini agar saat digunakan mobil bisa berjalan dengan baik. Mobil yang tidak sering dipanaskan akan membuat oli turun, sehingga pada bagian atas mesin mobil mengalami kekeringan dan mesin yang kering berpotensi mengalami gangguan. Karena itu, memanaskan mobil diperlukan agar oli bisa masuk ke dalam celah mesin untuk melumasi setiap komponen.