Berita

    Memanaskan Mesin Mobil, Apa Fungsinya dan Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan?

    Memanaskan mobil harus menjadi kebiasaan setiap pengguna mobil. Hal ini perlu disadari adalah dengan memanaskan mobil, Anda merawat mesin dan komponen lain seperti aki untuk tetap berfungsi normal. Memanaskan mobil secara rutin, bisa menghindarkan mobil dari kerusakan jangka panjang. Karena setiap hari komponen dalam mobil membutuhkan pelumasan dan asupan arus listrik, agar tetap berfungsi optimal pada saat digunakan.

    Mobil yang jarang dipanaskan, biasanya menjadi rewel, ketika hendak digunakan. Mobil bisa membutuhkan waktu lama untuk hidup karena akinya tekor atau soak, pengapian pada busi tidak maksimal dan problem lainnya terkait mesin. Karena itu, aktivitas memanaskan mobil akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mobil.

    Pentingnya Memanaskan Mobil

    1. Kelistrikan Terawat

    Mobil membutuhkan arus listrik untuk hidup. Hal ini diperlukan dari aki dan komponen penunjang lainnya seperti alternator dan regulator. Karena itu perlu memanaskan mobil. Mobil sering dipanaskan maka perangkat ini akan berfungsi normal, karena setiap hari dialiri arus listrik. Tapi kalau mobil jarang dipanaskan, maka ketiga komponen penyuplai arus listrik ini, justru harus mendapatkan pasokan listrik dari mobil lain dulu, untuk memaksimalkan tenaga dan arus listrik untuk bisa menghidupkan mobil. Hal ini yang membuat mobil yang lama terparkir sulit dihidupkan.

    Misalnya aki, komponen ini berfungsi menyimpan listrik dari perputaran mesin. Jika tidak ada perputaran mesin karena mobil hanya terparkir tidak akan ada arus yang disimpan. Alhasil menjadi tekor dan mobil susah dihidupkan sebelum aki di jumper.

     2. Sirkulasi Oli Berjalan

    Mesin setiap saat membutuhkan pelumasan agar komponennya dapat bekerja dengan optimal. Tidak mengalami gesekan signifikan, sehingga proses pembakaran berjalan semestinya. Mesin mobil harus selalu dialiri oli sebagai pelumas, dan pelumasan komponen hanya bisa terjadi ketika mobil dihidupkan atau dipanaskan. Mobil yang jarang dipanaskan akan membuat komponen yang seharusnya mendapatkan pelumasan menjadi kering, sehingga pada saat dipaksakan untuk hidup malah saling bergesekan dan menimbulkan kerusakan.

    Oli merupakan pelumas yang berfungsi untuk memperkecil gesekan yang terjadi antara logam yang ada di komponen mesin mobil. Mesin mobil harus senantiasa sering dialiri oleh oli. Hal ini agar saat digunakan mobil bisa berjalan dengan baik. Mobil yang tidak sering dipanaskan akan membuat oli turun, sehingga pada bagian atas mesin mobil mengalami kekeringan dan mesin yang kering berpotensi mengalami gangguan. Karena itu, memanaskan mobil diperlukan agar oli bisa masuk ke dalam celah mesin untuk melumasi setiap komponen.

    3. Mengurangi Kebocoran Kompresi

    Memanaskan mobil juga dapat membantu agar mengurangi potensi kebocoran kompresi yang menyebabkan mobil sulit dihidupkan. Dengan memanaskan mobil semua komponen yang dibuat secara presisi akan dilumasi secara baik sehingga komponen mesin tetap awet. Dalam kerja mesin, komponen biasanya cepat panas, sehingga suhu ruang mesin sangat panas sehingga membutuhkan oli untuk menjaga suhu komponen tetap stabil. Disana lah peran oli mobil dan itu hanya bisa, saat ada aktivitas pelumasan saat mobil dihidupkan.

    Cara Memanaskan Mobil

    Memanaskan mobil tidak perlu terlalu lama, apalagi untuk jenis-jenis mobil terbaru dan modern yang sudah mendapatkan teknologi mesin baru yang lebih baik. Memanaskan mobil sebelum perjalanan bisa dilakukan antara tiga sampai 30 detik sampai satu menit. Mobil yang baru biasanya tidak membutuhkan kinerja komponen mesin dan kelistrikan yang terlalu berat untuk mengaktifkan mobil. Karena itu memanaskan mobil dalam waktu yang lama, hanya membuang-buang waktu dan bahan bakar.

    Untuk memastikan bahwa mesin mobil sudah siap untuk dioperasikan, Anda hanya perlu mengecek indikator temperatur mesin mobil. Kalau jarum penunjuk mulai naik ke posisi tengah artinya mobil telah siap dan Anda sudah bisa melakukan perjalanan. Itulah penjelasan mengenai pentingnya memanaskan mobil sebelum aktivitas perjalanan. Sebaiknya Anda meluangkan sedikit waktu untuk memanaskan mobil pada pagi hari, ketimbang harus mengeluarkan uang untuk perbaikan, hanya karena mobil terparkir diam terlalu lama.

    Perlakuan yang tepat pada mobil bisa dilakukan sendiri di rumah atau jika tidak yakin, Anda perlu membutuhkan bantuan seorang mekanik yang profesional di bidang ini. Dealer Suzuki Kalimalang tidak hanya menyediakan produk dan mekanik yang berkualitas, tapi juga turut membantu dalam perawatan mobil yang benar, seperti memanaskan mesin mobil Suzuki. Anda bisa mengunjungi website nya di https://suzukidealerkalimalang.id/ ya!.