Berita

    Cat Mobil Anda Terkelupas? Berikut Cara Mengatasinya

    Masalah cat terkelupas pada mobil tentu dapat mengurangi estetika dari penampilan kendaraan. Hal ini biasanya diakibatkan terjadinya oksidasi pada lapisan permukaan cat mobil.

    Cat mobil yang terkelupas bisa membuat lapisan pelindung menjadi menipis. Jika hal ini dibiarkan, mungkin akan bisa menyebabkan air dan kotoran masuk yang membuat kendaraan menjadi rusak.

    Permasalahan ini tentu harus segera diatasi agar tampilan mobil terlihat seperti semula. Sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan mudah jika dibawa ke bengkel atau memperbaikinya sendiri.

    Cara Mengatasi Cat Terkelupas pada Mobil

    Cara mengatasi cat mobil yang terkelupas perlu mempersiapkan beberapa perlengkapan yang diperlukan. Diantaranya adalah cat mobil, dempul, kompon putih, kuas, dan kain lembut. Untuk caranya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

    • Bersihkan Bagian Cat yang Terkelupas

    Sebelum mobil akan dicat, sebaiknya bersihkan sekitar bagian yang akan dilapisi cat agar terhindar dari kotoran yang menempel. Tahap ini penting dilakukan agar cat dapat melapisi permukaan bodi mobil dengan baik.

    Cara membersihkannya sangat mudah dengan menggunakan peralatan sederhana. Yaitu dengan menggunakan sabun cair dan air hangat di sekitar bagian cat yang terkelupas.

    • Gunakan Kompon

    Gunakan kompon putih untuk memperbaiki cat terkelupas pada mobil yang berukuran tidak terlalu lebar. Goresan ini bisa dikatakan level yang ringan karena mudah diatasi dengan cepat.

    Kompon putih ini bisa didapatkan di bengkel atau tempat sparepart mobil. Caranya dengan mengaplikasikannya ke permukaan tergores dan menggunakan kain lembut. Kemudian, oleskan perlahan hingga kompon menyatu dengan bagian lainnya. 

    Lalu gosok secara perlahan menggunakan kain bersih agar bekas goresan menghilang. Untuk hasil yang lebih maksimal, pakaikan sedikit pelindung cat mobil sesuai dengan warna kendaraan Anda.

    • Oleskan Cat dengan Warna Senada

    Jika goresan mobil cukup parah, sebaiknya dilapisi cat yang senada dengan warna mobil untuk menutupi bagian yang terkelupas. Lapisi cat mobil menggunakan kuas lalu biarkan hingga kering.

    Oleskan cat secukupnya pada lapisan area mobil yang sudah dibersihkan. Jika terdapat tetesan-tetesan di sekitar bodi mobil, segera bersihkan agar tidak merusak tampilan kendaraan.

    • Pastikan Cat Mengering Sempurna