Berita

    Cara Mengendalikan Rasa Takut saat Belajar Menyetir Mobil

    Saat pertama kali belajar mengemudi, rasa takut dan kecemasan pasti akan ada. Untuk itu, ikuti tips menyetir mobil agar Anda bisa mengendalikan rasa takut tersebut. 

    Rasa takut ketika mengemudi biasanya disebut amaxophobia. Rasa ini bisa muncul karena ketakutan terjadi kecelakaan saat mengemudi atau salah dalam melakukan manuver. 

    Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu membiasakan diri dan memiliki kepercayaan diri yang terus dipupuk melalui latihan mengemudi secara berkelanjutan. 

    Tips Menyetir Mobil tanpa Takut

    Ketakutan tidak akan hilang begitu saja. Untuk itu, ikuti tips ini agar belajar mengemudi yang Anda lakukan berjalan lancar dan Anda bisa mengemudi dengan tenang, aman, dan nyaman!

    • Pilih Instruktur yang Sudah Direkomendasikan

    Dalam belajar mengemudi, menemukan instruktur yang baik adalah poin penting. Daripada asal memilih, lebih baik Anda menggunakan instruktur yang sudah direkomendasikan oleh kerabat, keluarga, atau teman. 

    Anda juga dapat mencari tahu lebih detail mengenai instruktur tersebut dari orang yang merekomendasikan. 

    Tanyakan mengenai metode yang digunakan dan apakah instruktur tersebut dapat mengambil tindakan yang dapat mengurangi ketakutan, kecemasan, maupun kepanikan dari peserta pelatihan. 

     

    tips mengatasi rasa takut mengemudi

    Freepik.com

    Penting untuk memilih instruktur mengemudi yang dapat menciptakan suasana positif selama belajar mengemudi. 

    • Hindari Hal-Hal yang Memicu Ketakutan

    Rasa takut saat belajar mengemudi bisa muncul karena adanya pemicu dari luar. Misal, Anda melihat berita tentang kecelakaan mobil, statistik kecelakaan di jalan raya, serta tingkat kematian para pengemudi. 

    Berita seperti itu hanya akan mentrigger kepanikan dan ketakutan berlebihan dalam pikiran. Untuk itu, hindari mencari tahu hal-hal negatif yang dapat memicu munculnya rasa takut. 

    Namun, cobalah untuk mengendalikan pikiran agar tenang melalui yoga atau mencari tips menyetir mobil yang lebih positif. Anda juga bisa mencari testimoni dari orang-orang yang sudah melalui fase belajar mengemudi. 

    • Pelan-Pelan dan Sabar

    Tidak ada yang instan untuk bisa langsung mengendarai mobil dalam waktu kilat. Anda membutuhkan proses untuk bisa mahir dalam menyetir. 

    Untuk itu, lakukan secara pelan-pelan dan sabar. Agar tidak takut, rancang rute mengemudi dengan baik dari rumah menuju tempat pelatihan. Bila memungkinkan, ajak orang yang lebih pengalaman dan pengertian untuk berkendara setiap harinya. 

    Pastikan, orang tersebut dapat memberikan nasihat yang baik tanpa harus membuat Anda kesal dan semakin panik. 

    • Terus Berlatih dengan Orang Lain

    Jangan hanya mengandalkan waktu pertemuan dengan instruktur mengemudi untuk mengatasi rasa takut. Anda bisa juga berlatih di luar waktu pelatihan bersama orang terpercaya yang dapat diandalkan. 

    Anda dapat melalui rute dengan berbagai kondisi, seperti rute lurus di jalanan kota, rute berkelok, jalanan yang berlubang, atau bahkan jalanan berbatu. Coba juga berkendara di tengah cuaca yang berbeda-beda, misal saat kabut, hujan, atau terang. 

    Dengan terus berlatih, Anda akan terbiasa dalam mengemudi. Sehingga, pelan-pelan kepanikan dan rasa takut akan berkurang. Anda juga akan lebih nyaman dalam berkendara. 

    • Mulai di Lingkungan yang Tidak Ramai

    Tips menyetir mobil yang tidak membuat Anda takut adalah memulai di area dengan lalu lintas yang tidak ramai. Misal, di jalanan desa, lapangan terbuka, atau bahkan area persawahan. 

    Di area yang tidak ramai tersebut, Anda bisa belajar untuk memarkir mobil, maneuver, melakukan pengereman, mundur, hingga akselerasi. 

    Itulah lima tips menyetir mobil yang bisa membantu Anda mengatasi rasa takut selama belajar mengemudi. Anda tidak akan terbiasa jika tanpa latihan intensif. Jadi, pastikan untuk terus berlatih!