Berita

    Featured Image

    5 Bagian Interior Mobil yang Cepat Kotor

    Interior mobil menjadi bagian dari kendaraan yang perlu juga mendapat perhatian khusus dari pemiliknya. Pasalnya, tidak jarang bagian ini luput dari perhatian dan justru malah menjadi bagian paling cepat kotor.

    Agar tetap nyaman dalam berkendara, sebaiknya mulai sekarang rawat dan perhatikan bagian interior kendaraan Anda! Simak deretan bagian interior yang mudah kotor dan cara membersihkannya.

    5 Bagian Interior Mobil yang Cepat Kotor

    Perlu Anda ketahui bahwa bagian interior kendaraan tidak terbebas dari kotoran dan debu begitu saja. 

    Ada beberapa bagian yang mudah kotor dan rutin dibersihkan agar Anda tetap nyaman berkendara. Berikut inilah 5 bagian interior kendaraan yang mudah kotor dan cara membersihkannya.

    • Karpet Mobil

    Karpet mobil jadi bagian interior yang paling mudah kotor. Karena bagian inilah yang paling sering diinjak oleh pengemudi ketika berada di dalam mobil.

    Bagian karpet mudah kotor karena debu serta kotoran sepatu atau sendal pengemudi. Apabila dibiarkan, maka akan mengganggu kenyamanan serta kesehatan pengemudinya.

    Maka dari itu, cara membersihkan karpet mobil adalah dengan vacuum cleaner minimal seminggu sekali. Karpet mobil yang bersih dan wangi akan memberikan kenyamanan serta meningkatkan nilai estetika bagian interior kendaraan Anda.

    • Konsol Box

    Bagian satu ini sering mudah kotor dan berdebu karena letaknya tepat di samping pengemudi dan penumpang. 

    Konsol box menjadi bagian interior kendaraan yang multifungsi, misalnya bisa menjadi tempat menaruh minuman, sebagai laci asbak dan sebagainya.

    Tidak heran jika bagian ini menjadi bagian yang paling mudah kotor di dalam mobil. Jika Anda membiarkan konsol box kotor, maka kenyamanan dan kebersihan Anda akan terganggu.

    Bersihkan konsol box minimal seminggu sekali dengan kuas atau spons, karena bagian ini terdapat sela-sela yang cukup kecil dan sulit dijangkau jika hanya menggunakan lap biasa.

    • Dashboard Mobil

    Dashboard atau dasbor mobil juga jadi bagian interior mobil yang cepat kotor. Biasanya, bagian ini juga menjadi bagian yang mudah terlihat apabila sudah kotor. Misalnya, kotoran minyak bekas keringat atau jajanan di dalam mobil, debu dari lubang AC, dan sebagainya.

    Membersihkan bagian dasbor mobil juga mudah. Anda dapat menggunakan tisu basah desinfektan untuk membersihkan bekas minyak, debu, dan jenis residu kotoran lainnya.

    Selain penggunaan tisu basah, Anda juga bisa membersihkannya dengan kain microfiber yang lembut. Atau, Anda juga dapat membersihkannya dengan menggunakan jasa cuci mobil.

    • Jok Mobil

    Jok mobil jadi bagian dalam mobil yang mudah kotor tapi juga mudah diabaikan. Jok mobil jadi tempat duduk pengemudi dan penumpang mudah sekali kotor dan apabila diabaikan akan berpengaruh pada kesehatan dan kenyamanan pengemudi.

    Apabila jok mobil kotor dan menimbulkan bau serta jamur, tentu pengemudi akan merasa tidak nyaman. Maka dari itu, rutin membersihkan jok mobil dengan vacuum cleaner ditambah desinfektan tentu lebih baik.

    • Plafon Mobil

    Bagian interior kendaraan yang paling mudah kotor berikutnya adalah plafon mobil. Siapa sangka bagian langit-langit mobil ini cukup mudah kotor karena sering terkena debu dari luar dan menempel cukup lama.

    Plafon yang terbuat dari bahan fabric berserat akan mudah rusak jika dibiarkan kotor berdebu. Untuk membersihkan bagian ini, Anda cukup mengelap plafon dengan kering atau menggunakan vacuum cleaner.

    Pastikan juga ketika membersihkan plafon hingga kering agar tidak lembab dan berbau apek. Disarankan untuk Anda menggunakan jasa pembersih interior agar hasilnya lebih memuaskan.