Berita

    Tips Cara Cek Kondisi Sabuk Pengaman

    Sabuk pengaman adalah salah satu fitur keselamatan terpenting pada kendaraan. Untuk itu, Meski terlihat sepele, Anda wajib cek sabuk pengaman secara rutin. Untuk meminimalisir adanya masalah saat berkendara.

    Tenang saja, pemeriksaan sabuk keselamatan ini tidak susah. Anda hanya melakukan pemeriksaan di rumah atau secara mandiri jika tidak ada masalah. Artikel ini akan membahas beberapa tips cara cek kondisi sabuk pengaman agar tetap efektif dan aman digunakan.

    5 Cara Cek Sabuk Pengaman di Rumah

    Sabuk pengaman adalah perangkat yang dirancang untuk melindungi pengemudi dan penumpang dalam kendaraan bermotor. Fungsi utamanya adalah mencegah atau mengurangi cedera dengan menahan tubuh pengguna kendaraan agar tidak terlempar keluar dari tempat duduk saat benturan.

    Untuk memastikan fungsinya dengan baik, Anda perlu melakukan pemeriksaan pada beberapa hal. Antara lain:

    • Lihat Tanda-Tanda Fisik

    Langkah pertama dalam cek sabuk pengaman adalah dengan memeriksa tanda-tanda fisik yang jelas. Periksa apakah ada retakan, robekan, atau aus pada sabuk. 

    Bisa jadi karena sudah terlalu sering dipakai atau faktor usia, maka kondisi sabuk pengaman jadi kurang baik. 

    Jika ada, segera gantilah sabuk tersebut karena kondisi seperti itu dapat mengurangi keefektifan sabuk pengaman dalam menahan tubuh pengemudi atau penumpang saat kecelakaan.

    • Periksa Gesekan dan Kekencangan

    Pastikan bahwa gesekan sabuk pengaman masih berfungsi dengan baik. Gesekan yang baik membantu sabuk tetap kencang saat terjadi kecelakaan. Jika sabuk terasa licin atau gesekannya tidak efektif, mungkin saatnya untuk mengganti sabuk tersebut. 

    Selain itu, periksa kekencangan sabuk dengan mencoba untuk menggesernya. Sabuk seharusnya tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Idealnya, harus cukup kencang untuk menahan tubuh pengemudi atau penumpang dalam posisi yang aman.

     

    Kekencangan sabuk pengaman

    Pixabay.com

    • Pemeriksaan Kaitan dan Pengunci

    Cara cek sabuk pengaman berikutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan kaitan dan pengunci. Pastikan kaitan sabuk tidak ada yang rusak atau patah. 

    Selain itu, pastikan pengunci sabuk pengaman dapat dikunci dengan aman dan tetap berfungsi selama perjalanan. 

    Pengunci yang rusak dapat membuat sabuk pengaman tidak efektif, sehingga sangat penting untuk memeriksa dan menggantinya jika diperlukan.

    Idealnya, penguncian ini sampai berbunyi “ceklek” saat digunakan. Lalu ketika akan dilepas, biasanya ada tanda “push” sebagai tanda kalau penguncinya hanya bisa terbuka jika ditekan. 

    Apabila tidak sesuai dengan aturan tersebut, bisa jadi ada masalah pada kaitan dan juga penguncinya.

    • Tes Kelancaran

    Pemeriksaan berikutnya adalah dengan cara menarik secara cepat sabuk pengaman di mobil. Apabila tidak ada sandatan atau tertahan, berarti sabuk keselamatan itu dalam kondisi baik.

    Beda lagi jika saat Anda melakukan penarikan cepat, lalu tertahan. Maka biasanya ada masalah pada sabuk. Misalnya saja karena sambungannya, lilitan sabuk atau masalah lain yang harus segera diperbaiki.

    • Scanner OBD

    Terakhir adalah dengan menggunakan scanner OBD (On Board Diagnostic). Scanner di mobil ini nantinya akan memberikan informasi apakah sabuk ada masalah atau tidak.

    Untuk itu, pastikan keberadaan scanner ini juga berfungsi dengan baik. Supaya informasi tentang sabuk pengaman juga bisa tersampaikan.

    Memeriksa kondisi sabuk pengaman secara rutin adalah langkah krusial dalam menjaga keselamatan di jalan.

     Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memastikan bahwa sabuk pengaman di kendaraan Anda tetap dalam kondisi yang baik dan siap melindungi Anda dalam setiap perjalanan.